logo


Vaksinasi Covid-19 Butuhkan Waktu 15 Bulan, Berikut Jadwal Penyuntikannya

Saat ini vaksin buatan Sinovac sudah mulai didistribusikan ke 34 provinsi

4 Januari 2021 06:30 WIB

Vaksin Covid-19 Sinovac
Vaksin Covid-19 Sinovac istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masyarakat Indonesia boleh berbahagia, pasalnya vaksin Covid-19 dapat segera disuntikan dalam waktu dekat. Saat ini vaksin buatan Sinovac sudah mulai didistribusikan ke 34 provinsi.

"Betul. Mulai hari ini vaksin akan kami distribusikan ke 34 provinsi," kata juru bicara vaksin Covid-19 PT Bio Farma, Bambang Herianto, S.Si, Apt dalam konferensi pers Minggu (3/1/2021).

Ia yakin tidak ada hambatan dalam proses distribusi vaksin Covid-19. Pihaknya sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana, termasuk cold chain atau rantai pendingin.


Muncul Varian Baru Covid-19, China: Tidak Perlu Panik

Sementara itu, juru bicara vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tramidzi mengatakan bahwa vaksinasi dapat dilakukan mulai pertengahan Januari 2021.

"Rasanya cukup optimis untuk bisa sesuai dengan jadwal atau peta jalan yang sudah kita susun bahwa vaksinasi ini bisa kita mulai pada minggu kedua atau ketiga Januari 2021," ujarnya.

Program vaksinasi diperkirakan memerlukan waktu 15 bulan dengan target populasi 181,5 juta orang. Pelaksanaannya dibagi menjadi dua priode, dengan periode pertama Januri hingga April 2021. Pada periode ini vaksinasi diberikan kepada 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17, 4 juta petugas layanan publik.

Sementara pada periode kedua berlangsung April hingga Maret 2022 dengan menyasar populasi yang tersisa dari periode sebelumnya.

Khofifah Positif Covid-19, DPD RI: Warning Kepada Semua Pihak untuk Menerapkan Prokes

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati