logo


Polisi Tangkap Pelaku Parodi Lagu Indonesia Raya, Mahfud Md Berikan Tanggapan Ini

Mahfud menjelaskan bahwa teknologi siber yang dimiliki Polri dapat melacak pesan yang berbau kriminal

2 Januari 2021 07:00 WIB

kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud Md mengapresiasi polisi yang telah berhasil menangkap pemilik akun yang mengunggah parodi Indonesia Raya. Ia mengatakan bahwa penangkapan tersebut tidak lepas dari kecanggihan teknologi siber yang dimiliki Polri.

"Pokoknya teknologi informasi cyber police kita canggih kalau mau digunakan," kata Mahfud seperti dilansir detikcom, Jumat (1/1/2021).

Mahfud menjelaskan bahwa teknologi siber yang dimiliki Polri dapat melacak pesan yang berbau kriminal. Dengan teknologi tersebut, dapat diketahui pelaku pertama yang menyebarkan konten.


Andi Arief Minta Mahfud Tak Terjerumus Pandangan Jenderal Tua, Menko Polhukam: Yang Mana, SBY?

"Anda dapat kiriman pesan dari mana, akan langsung bisa dilacak. Akan diketahui pengirimnya A, si A dapat dari si D, si D dapat dari si Y, si Y dapat dari si F, dan seterusnya sampai ditemukan pembuat dan pemosting pertamanya. Makanya tak sulit mencocoknya kalau postingannya serius berbau kriminal," ujarnya.

Sebelumnya, polisi telah menangkap tersangka pembuat parodi lagu Indonesia Raya, MDF (16) di Cianjur, Jawa Barat, pada Kamis (31/12/2020) malam. MDF membuat parodi tersebut bersama rekan dunia mayanya NJ (11). NJ pun telah lebih dahulu diamankan oleh Kepolisian Diraja Malaysia (PDRM) di Sabah, Malaysia.

Kelabui Polisi, Tersangka Parodi Indonesia Raya Belajar Lakukan Pidana Agar Tak Terdeteksi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×