logo


WHO Prediksi Akan Ada Pandemi Lain yang Lebih Buruk daripada Covid-19

Kepala Program Situasi Darurat WHO memprediksi jika di masa datang akan ada sebuah pandemi yang jauh lebih buruk daripada Covid-19

30 Desember 2020 11:45 WIB

Dr Mike Ryan, WHO
Dr Mike Ryan, WHO istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Seiring dengan munculnya varian "mutan" virus Covid-19 yang lebih menular daripada sebelumny, kepala Program Situasi Darurat Badan Kesehatan Dunia (WHO) Dr. Michael Ryan memperingatkan bahwa kemungkinan akan terjadi sebuah pandemi yang memiliki dampak lebih buruk daripada Covid-19 di masa depan.

Ryan menjelaskan bahwa meskipun Covid-19 berhasil menyebar dengan sangat cepat ke seluruh penjuru dunia dan menginfeksi puluhan juta manusia, namun ternyata tingkat kematian akibat infeksi penyakit ini masih rendah dibanding dengan penyakit lain yang sudah ada.

Ia menilai bahwa pandemi Covid-19 ini adalah sebagai "wake-up call" atau peringatan, dan mengatakan bahwa virus tersebut telah memberikan WHO sebuah kesempatan untuk belajar bagaimana merespon situasi darurat dengan lebih baik.


Karena Alasan Politik, Pasokan Vaksin Covid-19 Buatan Rusia ke AS dan Uni Eropa Akan Dibatasi

"Kita perlu bertindak secara bersama-sama; kita perlu bersiap untuk sesuatu yang kemungkinan jauh lebih buruk di masa mendatang," kata Ryan dikutip RT.com.

Ryan optimis program vaksinasi akan dapat mengurangi dampak 'ancaman' dan dapat mengendalikan penyebaran wabah Covid-19, sama seperti sejumlah program vaksinasi penyakit lain seperti polio. Kendati demikian, ia menegaskan bahwa vaksinasi tidak lantas menjadi jaminan bahwa infeksi virus Covid-19 dapat dimusnahkan.

Untuk diketahui, virus Covid-19 yang pertama kali kasusnya dilaporkan muncuk di Wuhan, China, pada Desember 2019 lalu, hingga kini sudah menginfeksi 81 juta orang dan menewaskan lebih dari 1,7 juta orang di seluruh dunia.

Inggris-Vietnam Sepakat Tanda Tangani Perjanjian 'Free Trade'

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia