logo


Ramai Beredar Minum Minyak Kayu Putih Tangkal Corona, Dokter Ini Ungkap Faktanya

Inggrid juga menjelaskan bahwa meminum campuran minyak kayu putih justru menimbulkan efek samping hipoglikemia

30 Desember 2020 07:30 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejumlah platform media sosial tengah diramaikan dengan beredarnya informasi meminum air putih yang dicampuri tetesan minyak kayu putih dapat menyembuhkan penyakit akibat Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Dokter spesialis paru Erlang Samoedro mengatakan bahwa meminum campuran minyak kayu putih belum bisa dikatakan sebagai obat corona. Pasalnya, tidak ada bukti yang menunjuk keefektifan cara tersebut.

"Semua perlu pembuktian. Sampai sekarang belum ada bukti yang menunjukkan hal tersebut," kata Erlang seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (29/12/2020).


Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania. Ia menyebut meminum campuran minyak kayu putih justru membahayakan tubuh.

"Tidak dianjurkan untuk diminum. Karena minyak kayu putih yang beredar umumnya bukan lagi yang 100 persen. Minyak kayu putih yang ada dipasaran sudah dicampur dengan kerosin, minyak lemak, dan minyak palsu," kata Inggrid dalam webinar Farmasi UI beberapa bulan yang lalu.

Inggrid juga menjelaskan bahwa meminum campuran minyak kayu putih justru menimbulkan efek samping hipoglikemia.

"Ada efek samping hipoglikemia yaitu gula darah menurun drastis apalagi pada penderita obat diabetes yang meminum obat antidiabetes," lanjutnya.

WHO Ingatkan Vaksin Tidak Membuat Virus Covid-19 Hilang

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati