logo


Covid-19 Bukan Pandemi Terakhir, Kata Kepala WHO

Tedros Adhanom Ghebreyesus memberikan peringatan agar manusia bersiap untuk menghadapi potensi terjadinya pandemi lain di masa mendatang.

27 Desember 2020 19:47 WIB

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus national geographic Indonesia

JENEWA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa Covid-19 tidak akan menjadi pandemi terakhir yang melanda dunia ini. Ia juga menyebut upaya peningkatan kesehatan manusia bisa saja gagal tanpa adanya upaya untuk menangani perubahan iklim.

Tedros mengatakan bahwa saat ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mengambil pelajaran dari pandemi Covid-19.

"Dalam waktu yang sangat lama, dunia telah beroperasi dalam siklus panik dan sikap abai," kata Tedros dalam sebuah video dikutip Channel News Asia, Minggu (27/12).


Anggaran Terlalu Kecil, Trump Tolak Tanda-tangani Kebijakan Paket Stimulus untuk Warga AS

"Kita menghabiskan uang pada sebuah wabah, dan saat itu berakhir, kita melupakannya dan tidak melakukan apapun untuk mencegah wabah selanjutnya terjadi. Ini adalah pandangan sempit yang berbahaya, dan jujur saja, sangat sulit untuk dipahami," tambahnya.

Badan Pengawas Kesiapan Global, yang pada September 2019 lalu merilis laporan tahunan mereka pertama mengenai kesiapan dunia untuk situasi darurat, mengatakan bahwa umat manusia tidak siap untuk menghadapi kemungkinan terjadinya situasi pandemi yang berdampak sangat menghancurkan, dan laporan tersebut menjadi kenyataan beberapa bulan kemudian.

"Sejarah mengajarkan kepada kita bahwa ini bukanlah pandemi terakhir, dan wabah adalah fakta yang ada dalam kehidupan," kata orang nomer satu di Badan Kesehatan Dunia tersebut.

"Pandemi telah menegaskan adanya keterkaitan antara kesehatan manusia, hewan dan planet," tambahnya.

Virus Sars-Cov-2 diketahui telah menewaskan sedikitnya 1,75 juta orang di seluruh dunia dan menginfeksi hampir 80 juta orang, sejak pertama kali muncul pada akhir Desember 2019 lalu di China.

"Dalam 12 bulan terakhir...dampak pandemi telah melampaui dampak kesehatan yang ditimbulkan, dimana telah memberikan konsekuensi terhadap perekonomian dan kemasyarakatan," imbuhnya.

"Kita semua harus mengambil pelajaran dari apa yang telah diajarkan oleh pandemi kepada kita," tukasnya.

Trump Ogah Tandatangani Paket Stimulus, Joe Biden: Jutaan Warga AS Terancam Terusir dari Rumahnya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×