logo


Trump Ogah Tandatangani Paket Stimulus, Joe Biden: Jutaan Warga AS Terancam Terusir dari Rumahnya

Joe Biden mendesak Trump untuk segera menandatangani paket stimulus yang akan segera dibagikan kepada jutaan warga AS yang tengah menganggur

27 Desember 2020 19:21 WIB

Joe Biden
Joe Biden politico

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden pada Sabtu (26/12) memperingatkan bahwa akan ada dampak yang menghancurkan jika Donald Trump tidak segera menandatangani paket bantuan perekonomian Covid-19 yang sebelumnya telah disepakati oleh pihak Kongres.

Sebagaimana diketahui, jutaan warga AS saat ini tengah menganggur dan hanya bergantung pada dana tunjangan yang diberikan oleh pemerintah AS. Sedangkan dalam paket stimulus kali ini, pemerintah AS rencananya akan membagikan uang tunai sebesar USD 600 per orang, namun kebijakan tersebut harus sudah terlebih dahulu disahkan oleh Trump.

"Penundaan atas tangung jawab ini memiliki konsekuensi yang merusak. Hari ini (Sabtu), sekitar 10 juta warga AS akan kehilangan tunjangan pengangguran," kata Biden dalam sebuah pernyataan tertulis dikutip Channel News Asia.


Gawat, Virus Covid-19 Varian Baru Sudah Masuk ke Asia

"Dalam beberapa hari ke depan, dana bantuan pemerintah ini akan kadaluwarsa (jika tidak ditanda-tangani), sehingga membuat berbagai layanan vital dan tunjangan personil militer berada dalam resiko," tambahnya.

"Kurang dari satu pekan, sebuah moratorium tersebut kadaluwarsa, dimana jutaan warga AS terancam terusir dari rumahnya selama masa libur akhir tahun," lanjut Biden.

Sebelumnya, dalam sebuah postingan Twitter, Trump menilai jumlah tersebut terlalu kecil dan tidak akan cukup untuk membiayai kebutuhan warga selama satu bulan. Ia menginginkan agar jumlah dana yang akan diterima oleh warga AS setidaknya USD 2.000

"Saya ingin warga kita menerima USD 2.000, daripada hanya USD 600," kata Trump pada Sabtu (26/12) dalam postingan Twitternya.

Anggaran Terlalu Kecil, Trump Tolak Tanda-tangani Kebijakan Paket Stimulus untuk Warga AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×