logo


Bosen Bikin Hape Terus, Apple Berencana Produksi Mobil Listrik di Tahun 2024

Apple berencana untuk membuat sebuah mobil otonom bertenaga listrik pada 2024 mendatang

22 Desember 2020 18:43 WIB

Logo Apple
Logo Apple reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apple dikabarkan akan mengembangkan bisnisnya dengan mengembangkan teknologi mobil otonom dan menargetkan akan memproduksi kendaraan listrik pada tahun 2024 mendatang. Hal tersebut dilaporkan oleh Reuters pada Selasa (22/12) mengutip sejumlah orang 'dalam' perusahaan.

Rencana yang disebut sebagai Project Titan tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2014 lalu, dimana mereka sudah mulai menyiapkan desain proto-type kendaraan yang akan mereka produksi tersebut.

Doug Field, salah satu teknisi senior Apple yang sebelumnya bekerja untuk Tesla, kembali mengkaji proyek tersebut pada tahun 2018 dan memecat 190 pegawai dari tim pengembangan pada 2019.


Dikecam Aktivis, tapi Tesla Tetap Diijinkan Tebang Hutan untuk Bangun Pabrik di Jerman

Sejak saat itu, Apple sudah mengalami perkembangan yang cukup sehingga saat ini mereka benar-benar serius untuk membangun sebuah kendaraan. Hal tersebut disampaikan oleh dua sumber orang dalam Apple yang tidak ingin disebut namanya karena rencana ini sebenarnya masih dirahasiakan untuk publik. Tujuan Apple untuk memproduksi mobil untuk masyarakat luas tersebut tentunya bertolak belakang dengan sejumlah perusahaan rivalnya seperti anak perusahaan Alphabet, Waymo, yang telah membangun sebuah kendaraan taksi robot untuk dijadikan sarana transportasi baru.

Menurut seseorang yang bekerja di bagian desain baterai Apple, pihaknya juga berencana untuk mengembangkan teknologi baterai yang hemat biaya tapi mampu meningkatkan daya jelajah kendaraan listriknya.

Memproduksi sebuah kendaraan listrik untuk masyarakat luas tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi Apple, mengingat perusahaan electronik tersebut belum pernah sekalipun membuat sebuah mobil. Sebagai perbandingan, Elon Musk, pendiri Tesla, memerlukan waktu 17 tahun untuk akhirnya meraih keuntungan dari produksi mobil listrik.

Sejauh ini, masih belum jelas pihak mana yang nantinya akan membantu Apple dalam hal perakitan mobil listrik tersebut, namun sejumlah narasumber mengatakan bahwa Apple akan sepenuhnya menyerahkan proses perakitan kepada perusahaan rekanan, serta masih ada kemungkinan jika Apple nantinya akan memasrahkan rencana produksi dan penjualan mobil otonom tersebut kepada produsen mobil konvensional.

Copot dan Ganti Alat Huawei dari Jaringan Telekomunikasi, AS Siapkan Dana USD 1,9 Miliar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia