logo


Santuy, Presiden Brazil Bilang Tak Perlu Tergesa-gesa dalam Pendistribusian Vaksin

Presiden Bolsonaro mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah memasuki fase akhir, dimana laju penambahan kasus semakin rendah

20 Desember 2020 13:50 WIB

Presiden Brazil Jair Bolsonaro
Presiden Brazil Jair Bolsonaro istimewa

BRASILIA, JITUNEWS.COM - Presiden Brazil Jair Bolsonaro pada Sabtu (19/12) mengatakan bahwa situasi pandemi Covid-19 telah memasuki fase akhir, atau akan segera berakhir, sehingga tidak perlu tergesa-gesa dalam menggelar program vaksinasi Covid-19.

"Pandemi (Covid-19) saat ini tengah menuju fase akhir, jumlah (peningkatan kasus) telah menunjukkannya, dimana kita menghadapi laju peningkatan yang rendah," kata Bolsonaro dikutip Channel News Asia.

"Namun, tergesa-gesa untuk (menggelar program) vaksin tidak dibenarkan karena anda bermain dengan nyawa orang banyak," tambahnya.


Sambut 2021, Tuntaskan Vaksinasi Covid-19

Bolsonaro yang sebelumnya juga telah merasakan bagaimana rasanya terinfeksi Covid-19, mengatakan bahwa dirinya tidak akan melakukan vaksinasi serta tidak akan mewajibkan rakyat Brazil untuk ikut dalam program vaksinasi Covid-19.

"Saya tidak akan mengambilnya (vaksin). Itu hak saya," katanya pada 26 November lalu.

Bolsonaro sejauh ini diketahui sering melontarkan pernyataan yang meremehkan dampak kesehatan yang ditimbulkan dari infeksi Covid-19, dimana pernyataannya tersebut seringkali mendapat kritikan dan kecaman. Salah satu pernyataan Bolsonaro yang sangat kontroversial adalah dengan menyebut virus Corona Covid-19 sebagai "flu ringan".

Nyatanya, "flu ringan" yang sejauh ini telah menginfeksi 7,213,155 warga Brazil tersebut berhasil menewaskan 186,356 orang diantaranya.

Polisi Sebut 26 Peserta Aksi 1812 Positif Reaktif Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia