logo


Sebut Pilkada Medan Banyak Kejanggalan, Kubu Akhyar: Mestinya Kita yang Menang

Kubu Akhyar mengatakan ada kejanggalan lain yakni adanya perbedaan suara yang signifan di daerah yang pasanganya kalah

19 Desember 2020 14:29 WIB

Akhyar Nasution
Akhyar Nasution ist

MEDAN, JITUNEWS.COM - Anggota Tim Pemenangan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, Gelmok Samosir mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitus (MK). Pasalnya, pihaknya menilai ada kejanggalan dengan penyelenggaraan Pilkada Medan.

"Betul bahwa paslon 01 AMAN (Akhyar-Salman) telah mengajukan gugatan ke MK," kata Gelmok seperti dilansir detikcom, Sabtu (19/12/2020).

Gelmok menjelaskan bahwa ada persoalan yang tidak tuntas yang menyebabkan pasangannya kalah. Ia mengatakan ada pemilih yang tidak sesuai dengan KTP-nya.


Sri Mulyani Menangi Pilkada Klaten, Berikut Update Hasil Pilkada Jateng 2020

"Berati kan kita menduga, patut menduga kuat bahwa ada mobilisasi massa atau pemilih untuk berpindah dari tempat ke tempat lain. Nah, ketika kita mohon itu dibuka, di tingkat rekapitulasi KPU Medan, KPU tidak bersedia, tidak mau, karena kita mau tahu siapa saja KTP yang tidak KTP setempat. Maka mereka tidak bersedia dengan alasan macam-macam, seperti kotak suara tidak di sini dan lain hal," bebernya.

Tak hanya itu, ia mengatakan ada kejanggalan lain yakni adanya perbedaan suara yang signifan di daerah yang pasangannya kalah. Begitu juga pelanggaran money politik oleh paslon lawan dan pelanggaran lainnya.

"Setelah kita pelajari yang lain itu, kecamatan-kecamatan yang telak kita kalah kita merasa cukup signifikan suara kita. Jauh berbeda dengan mereka senilai 53 ribu. Mestinya kita yang menang kalau tidak dilakukan cara-cara dimaksud. Karena DPT tambahan itu sampai puluhan ribu. Jadi kita anggap itu terjadi di 15 kecamatan, kalau itu terjadi di 15 kecamatan, ya otomatis kita kan kalah senilai itu kan," jelasnya.

Tim Akhyar Enggan Teken Berita Acara Rekapitulasi Pilkada Medan, Ferdinand: Bikin Malu!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×