logo


WHO Kirim Tim Investigasi Covid-19, Warga Wuhan: Kami Tidak Takut

Warga Wuhan menyambut baik rencana investigasi terkait asal usul Covid-19 yang dilakukan oleh WHO pada awal Januari 2021 mendatang

17 Desember 2020 20:39 WIB

Pasar Satwa di Kota Wuhan
Pasar Satwa di Kota Wuhan south china morning post

WUHAN, JITUNEWS.COM - Tim investigasi asal muasal virus Covid-19 dari WHO dijadwalkan tiba di China pada awal Januari 2021 mendatang. Hal tersebut membuat warga kota Wuhan berharap tim tersebut dapat mengungkap bahwa virus Sars-Cov-2 tidak berasal dari kota tersebut.

"Saya menyambut baik kedatangan mereka. Kami juga ingin mengetahui perkembangannya, khususnya mengenai dimana virus ini berasal, apakah sumber virus tersebut dari sini," kata Wan, seorang warga Wuhan kepada Reuters.

"Perasaan saya mengatakan bahwa virus tersebut bukan berasal dari sini," tambahnya.


Banyak Rakyat yang Tewas, Raja Swedia Sebut Pemerintahannya Gagal Tangani Wabah Covid-19

Sebelumnya, Reuters juga melaporkan bahwa 12 hingga 15 pakar internasional akan berkunjung ke Wuhan untuk melakukan penyelidikan dan memeriksa sejumlah bukti yang ada, untuk mengungkap misteri asal usul virus Covid-19.

Meski tidak menyebut secara spesifik, namun Kementerian Luar Negeri China juga menyambut baik proses investigasi tersebut.

"China siap untuk bekerja sama dengan WHO dalam upaya pelacakan global (virus Covid-19)," kata juru bicara kementerian, Wang Wenbin dalam konferensi pers.

Meskipun otoritas telah menutup pasar Huanan, lokasi kemunculan kasus pertama Covid-19 di Wuhan, pada bulan Januari lalu, namun sebagian peneliti meyakini jika virus tersebut tidak berasal dari sana.

Hingba kini, otoritas China juga menutup akses menuju sejumlah lokasi, salah satunya pasar Huanan di Wuhan, meskipun aturan pembatasan sudah tidak lagi diberlakukan.

"Ada kemungkinan besar bahwa virus ini dibawa melalui grosir seafood dari tempat lain. Wuhan tidak punya grosir seafood," ujar Jian Yongcheng, salah satu warga Wuhan.

"Kami tidak takut mereka melakukan investigasi tersebut...karena anda dapat melihat dari situasi wabah yang terjadi pada tahun ini, situasi di Wuhan baik-baik saja, jika tidak maka wabah kemungkinan tidak segera terkendali," ujar Liu Qin, salah satu warga lainnya.

Alexey Navalny Mungkin Sudah Mati Jika Vladimir Putin Memang Berniat Menghabisinya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia