logo


Gatot Minta Istilah 'Kadrun' 'Kampret' Hilang, Golkar: Memiliki Kesan Kuat Menghina dan Merendahkan

Ace meminta penghentian istilah tersebut tidak hanya karena ajakan dari Gatot semata.

17 Desember 2020 14:32 WIB

Tubagus Ace Hasan Syadzily.
Tubagus Ace Hasan Syadzily. Istimewa

Ace menyebut dalam agama Islam sudah diajarkan untuk tidak memanggil orang lain dengan istilah yang menghina.

"Di dalam ajaran agama Islam, terutama dalam surat al-Hujurat ayat 11 disebutkan: 'wa l? tan?baz? bil-alq?b', 'janganlah kalian memanggil dengan panggilan yang buruk'. Kedua istilah itu memiliki kesan yang kuat adanya menghina dan merendahkan sesama manusia," pungkasnya.

Sebelumnya, Gatot melalui video yang diunggah akun Instagramnya, meminta untuk menghilangkan istilah 'kadrun' dan 'kampret'.


Gatot Minta Istilah 'Kadrun' 'Kampret' Hilang, PKB: Sengaja Ingin Menghidupkan Lagi Polemik Ini?

"Dalam kesempatan ini juga saya mengimbau, secara tidak sadar ataupun sadar, sengaja ataupun tidak sengaja, kita anak bangsa ini sudah merendahkan bahkan melecehkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan mempunyai sebutan masing-masing ada yang menyebutkan kadrun, ada yang menyebutkan kampret, itu kan nama binatang, padahal itu ciptaan Tuhan, manusia kita semua," kata Gatot dalam video.

"Mari kita sama-sama bernegara dengan santun. Hilangkan kata-kata seperti itu. Kembalilah kepada bangsa Indonesia yang berbudaya tinggi. Memanggil dengan kata 'mas', 'kakak', 'abang', panggilan 'ucok' dan sebagainya, sehingga bangsa lain melihat kita bangsa yang terhormat," tutur Gatot.

Gatot Minta Istilah 'Kadrun' 'Kampret' Hilang, PPP: Cebong Juga Harus Dihilangkan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata