logo


Tetap Naik, Pandemi Covid-19 Tak Kuasa Bendung Aliran Investasi Asing ke China

Kementerian Perdagangan China melaporkan bahwa investasi asing yang masuk ke China selama periode Januari-November 2020 meningkat 5.5 persen dibanding tahun 2019 lalu

16 Desember 2020 21:45 WIB

Shanghai, China
Shanghai, China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Kementerian Perdagangan China melaporkan bahwa investasi langsung dari luar negeri (FDI) hingga bulan November 2020 kemarin mengalami peningkatan hingga 6.3 persen atau USD 137.3 miliar dibanding dengan tahun 2019 lalu.

Statistik menunjukkan bahwa FDI untuk bulan November 2020 sendiri meningkat 5.5 persen atau mencapai USD 15 miliar, dibanding tahun lalu.

"Para investor saat ini melihat China sebagai sebuah pelabuhan yang aman bagi investasi internasional," kata Zong Changqing, salah satu pejabat tinggi Kementerian Perdagangan China, kepada CGTN, dikutip Russia Today.


Joe Biden Diminta Tak Ulangi Kesalahan Obama soal Potensi Ancaman dari Rusia

FDI di China pada kuartal pertama sempat mengalami kontraksi hingga 11 persen, namun meningkat 8.4 persen pada kuartal kedua dan 20 persen pada kuartal ketiga tahun 2020 ini. Sebelumnya, Kementerian Perdagangan China mengatakan bahwa pertumbuhan FDI akan terus berlanjut pada kuartal terakhir tahun ini, dan pemerintah akan mengambil sejumlah kebijakan untuk mengamankan pencapaiannya tersebut.

Beijing sejauh ini sudah mengeluarkan serangkaian kebijakan untuk menstabilkan perdagangan dan investasi dari luar negeri di tengah situasi pandemi COvid-19.

Sebelumnya, pada November lalu, otoritas China juga sudah mengeluarkan rancangan undang-undang yang akan mengatur dan melakukan pengawasan terhadap kompetisi pasar, saham-saham serta data sensitif perusahaan teknologi guna menghindari adanya praktek monopoli pasar.

Hindari Tragedi Nasional, Pakar Kesehatan Minta Italia Berlakukan Lockdown Total

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×