logo


Pasokan LPG Ditambah, Pertamina Pastikan Stok untuk Pangandaran Tetap Aman

Pertamina Tambah Pasokan LPG di Kabupaten Pangandaran

16 Desember 2020 21:00 WIB

Gas LPG
Gas LPG pertamina

PANGANDARAN, JITUNEWS.COM – PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok LPG 3 Kg di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dalam kondisi aman. Penyaluran LPG dilakukan melalui 9 agen dan 203 pangkalan resmi Pertamina yang tersebar di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Unit Manager Communication & CSR Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan, penyaluran LPG 3 Kg ke wilayah Kabupaten Pangandaran pada bulan Desember 2020 mencapai rata-rata lebih dari 7.400 tabung per hari.

“Untuk menjamin kebutuhan masyarakat, Pertamina juga telah menyediakan pasokan fakultatif atau tambahan pada tanggal 8 dan 14 Desember lalu secara bertahap, sekitar 10% dari total penyaluran harian di bulan Desember ini,” jelasnya.


Dorong Para Pekerja Berinovasi, Pertamina Adakan Forum Continuous Improvement Program

Eko menambahkan, harga LPG 3 Kg di pangkalan resmi Pertamina wilayah Kabupaten Pangandaran sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Pangandaran Nomor 510.23/Kpts.224-Huk/2017. Adapun Harga Eceran Tertinggi antar wilayah dapat berbeda, hal ini berdasarkan dari aturan pemerintah setempat.

“Jika masyarakat ingin mendapatkan LPG dengan harga sesuai HET dan terjamin kualitasnya, masyarakat diimbau untuk membeli di pangkalan resmi Pertamina,” tambahnya.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram, LPG 3 Kg bersubsidi diperuntukkan hanya bagi masyarakat kurang mampu dan usaha mikro. Usaha mikro adalah usaha dengan aset maksimal Rp 50 juta dan omzet maksimal Rp 300 juta per tahun.

Sedangkan untuk usaha kecil, menengah, dan atas, serta masyarakat yang tergolong mampu diharapkan menggunakan elpiji nonsubsidi Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg agar pendistribusian LPG subsidi tepat sasaran.

“Kami ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat, terlebih pada produk LPG Subsidi 3 Kg yang diperuntukan bagi masyarakat miskin atau usaha mikro, sesuai dengan aturan Pemerintah,” jelasnya.

Untuk informasi seputar produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Call Center 135.

Ini 24 Karya Terbaik yang Jadi Juara Anugerah Jurnalistik Pertamina 2020

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia