logo


Diduga Terlibat Tindak Genosida di Ethiopia, Mahkamah Internasional Diminta Investigasi Kepala WHO

Mantan kandidat penerima nobel perdamaian dunia tahun 2019 menuding Tedros Adhanom Ghebreyesus terlibat tindak kejahatan di Ethiopia

16 Desember 2020 16:53 WIB

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus national geographic Indonesia

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Seorang kandidat penerima hadiah Nobel Perdamaian tahun 2019, David Steinman menuding Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus terlibat dalam sejumlah tindak kriminal, termasuk salah satunya genosida atau pembunuhan massal di Ethiopia beberapa tahun lalu.

Oleh karena itu, ia meminta Mahkamah Pidana internasional (ICC) untuk melakukan investigasi.

"Dengan latar belakang sebagai seorang pejabat tinggi pada Partai Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF), Tedros adalah (mantan) salah satu pejabat tingg Ethiopia yang memiliki kendali atas pasukan militer," kata Steinman dalam surat keluhannya yang ia kirim kepada ICC, dikutip RT pada Rabu (16/12).


Selandia Baru Siap Jadi Mediator dalam Penyelesaian Konflik China-Australia

"(Tedros) adalah (mantan) seorang pengambil keputusan penting terkait tindakan lembaga keamanan, termasuk tindakan pembunuhan, penahanan sepihak dan penyiksaan rakyat Ethiopia," tambahnya.

Sebagai bukti untuk mendukung tudingannya, Steinman yang juga merupakan pakar ekonomi dan aktivis HAM, banyak mengutip laporan-laporan HAM dari Kementerian Luar Negeri AS, Organisasi Pengawas HAM Internasional (Human Rights Watch), Amnesty Internasional dan sejumlah lembaga analisis seperti Universitas Birmingham Inggris.

Untuk diketahui, sebelum menjabat sebagai Direktur Jenderal WHO pada 2017, Tedros Adhanom Ghebreyesus sebelumnya menjabat sebagai Menteri Kesehatan Ethiopia pada 2005 hingga 2012, dan kemudian ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri Ethiopia pada 2012 hingga 2016.

Oposisi Rusia: Saya Tahu Siapa Saja yang Ingin Membunuh Saya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×