logo


Kolaborasi Reog dan Jaranan Bikin Pecah Parade Seni dan Budaya Surabaya 2020

Pemkot Surabaya menggelar Parade Seni dan Budaya 2020 pada Sabtu (12/12)

13 Desember 2020 13:56 WIB

Parade Seni dan Budaya Surabaya 2020
Parade Seni dan Budaya Surabaya 2020 youtube

SURABAYA, JITUNEWS.COM - Parade Seni dan Budaya Surabaya 2020, Sabtu kemarin (12/12), menampilkan pagelaran kolaborasi reog dan jaranan di bawah binaan Letkol CBA Hendy Eko Aryanto.

Banyak pemain seni terlibat dalam pagelaran kolaborasi reog dan jaranan kali ini di antaranya pembarong atau penari reog, jepaplog atau penari barongan, penari jaranan, penari bujang ganong, penari warog, penari jathilan, dan juga para pengrawit.

Letkol CBA Hendy Eko Aryanto saat dihubungi wartawan mengatakan, pagelaran tersebut mengisahkan tentang peperangan Raja Singo Barong dan Jaranan yang menghadang pasukan Warok dan Jathilbyang dipimpin oleh Patih Bujang Ganong.


KITA Jakarta Gelar Festival Pencak Silat Road show Mall to Mall

Perwira TNI dengan melati dua di pundaknya ini juga turun langsung untuk mengarahkan koreografer pada para pemain, sehingga pertunjukan berjalan sangat apik.

"Saya mencintai kesenian ini. Di tengah era globalisasi saat ini, kita ingin kesenian-kesenian dari daerah tetap lestari. Kalau bukan kita yang melestarikan siapa lagi," ujar Letkol CBA Hendy Eko Aryanto, Minggu (13/10).

Ia berharap, pentas-pentas budaya seperti ini terus digelar dan mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia agar anak-anak Indonesia mengenal kesenian asal daerahnya masing-masing.

Meski di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus berinovasi agar pekerja seni dan budaya di Kota Pahlawan tetap bisa berkarya dan berkreasi.

Masyarakat dapat menyaksikan pertunjukkan Parade Seni Budaya Surabaya ini melalui virtual di beberapa akun media sosial instagram dan kanal youtube milik Pemkot Surabaya (Disbudpar Kota Surabaya).

Menang Versi Quick Count, Eri Cahyadi: Respeck Setinggi Langit kepada Machfud Arifin

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia