logo


Akhyar Nasution Tuding Ada 'Invisible Hand' di Pilkada Medan, Begini Tanggapan Kemendagri

Kemendagri memastikan ASN yang diterjunkan tidak berpihak pada Paslon alias netral.

11 Desember 2020 20:56 WIB

Akhyar Nasution
Akhyar Nasution ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon Wali Kota Medan Akhyar Nasution menuding ada invisible hand atau tangan tak terlihat yang bermain di Pilkada Kota Medan.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Akmal Malik membantah Kemendagri telah menerjunkan ASN untuk memengaruhi Pilkada Medan. Dia memastikan petugas yang diterjunkan tidak berpihak pada Paslon alias netral.

"Tidak ada ruang bagi petugas kami untuk melakukan apa yang Anda sampaikan tadi. Sekali lagi kami mengatakan petugas kami adalah ASN yang harus netral dan bekerja secara profesional," kata Akmal dalam rekaman video yang dibagikan Puspen Kemendagri, Jumat (11/12).


Peringatkan UAS, Denny Siregar: Ayat itu Disampaikan, Bukan Dijual!

Menurut Akmal, Kemendagri selalu mengirimkan para ASN pada setiap penyelenggaraan pemilihan. Para ASN, lanjut dia, bertugas untuk memastikan pilkada berjalan sesuai aturan.

Akmal menambahkan, Kemendagri menerjunkan ASN ke 309 kabupaten/kota di 32 provinsi yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020.

"Tidak ada kekhususan, tidak ada perlakuan khusus. Semua hanya monitoring dan melakukan pemantauan," jelas Akmal.

"Di sana ada Bawaslu, ada aparat penegak hukum, yang tentunya mengawasi ketika ada pihak-pihak yang tidak netral," tambahnya.

Habib Rizieq Ditetapkan sebagai Tersangka, Pengamat: Beritanya Nutupi Agenda Publik Gibran dan Bobby

Halaman: 
Penulis : Iskandar