logo


Idham Aziz Pensiun Bulan Februari, Kompolnas Segera Ajukan Nama Calon Kapolri ke Jokowi

Komisioner Kompolnas Poengky Indarty mengatakan bahwa pihaknya tengah mengkaji nama-nama calon Kapolri yang akan segera diajukan kepada Jokowi

11 Desember 2020 14:45 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengajukan nama kandidat calon Kapolri, penerus Jenderal Idham Azis yang akan segera pensiun pada 1 Februari 2021 mendatang, kepada Presiden Joko Widodo. Hal tersebut ia sampaikan melalui pesan singkat kepada Tempo.co pada Jumat (11/12).

"Dalam waktu dekat," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarty dilansir dari Tempo.co.

Menurutnya, nama-nama kandidat yang akan diajukan sebagai calon Kapolri tersebut saat ini masih dikaji, sesuai dengan ketentuan kriteria Pasal 11 ayat (6) UU no.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Percaya Polri Soal Insiden Penembakan, Abu Janda: Cuma Teroris yang Percaya Cerita Versi FPI

“Masih ada waktu, kami sedang mempersiapkan,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S.Pane, dalam keterangan tertulisnya pada (30/11) mengatakan bahwa 13 perwira tinggi Polri berpangkat Komisaris Jenderal dapat masuk dalam bursa calon Kapolri. Meski demikian, ia mengatakan bahwa hanya lima orang diantaranya yang memiliki peluang besar, yakni Komisaris Jenderal Boy Rafli, Komisaris Jenderal Bambang Sunarwibowo, Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Komisaris Besar Agus Andrianto.

"IPW berharap Presiden Joko Widodo memilih figur yang punya pengalaman dan jam terbang yang mumpuni serta pernah menjadi Kepala Kepolisian Daerah di Jawa sehingga instingnya dalam menjaga keamanan nasional sudah terlatih," kata Neta.

Polisi Periksa 14 Saksi Kasus Penembakan 6 Pengikut Habib Rizieq

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia