logo


Erdogan Sebut Sanksi Uni Eropa Tak Ada Artinya bagi Turki

Presiden Turki menyebut Yunani selama ini tidak bersikap terus terang terhadap mereka, dan Uni Eropa tidak pernah menepati janjinya terhadap Turki

10 Desember 2020 13:00 WIB

Presiden Turki Reccep Erdogan
Presiden Turki Reccep Erdogan istimewa

ISTANBUL, JITUNEWS.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa sanksi yang dijatuhkan oleh Uni Eropa tidak berarti apa-apa bagi Turki. Ia menuding selama ini Uni Eropa tidak bersikap terus terang terhadap Ankara. Hal tersebut ia sampaikan pada Rabu (9/12) atau satu hari sebelum KTT Uni Eropa digelar.

Erdogan mengatakan bahwa pihaknya tidak merasa terintimidasi dengan ancaman sanksi tersebut. Meski demikian, ia mengatakan bahwa Turki siap untuk melakukan negosiasi terkait isu sengketa wilayah perbatasan dengan Yunani dan program eksplorasi migas mereka di perariran Mediterania Timur.

"Keputusan sanksi apapun yang dapat mereka ambil terhadap Turki tidak terlalu membuat (kita) khawatir," kata Erdogan kepada para wartawan pada Rabu (9/12), dikutip Russia Today.


Diduga Lakukan Monopoli, Facebook Digugat oleh Pemerintah AS

Ia menambahkan bahwa Yunani telah melarikan diri dari proses negosiasi.

"Terkait soal perairan Mediterania Timur, kami akan terus melindungi hak kami yang ada di sana," ujarnya.

"Kami tidak akan pernah berkompromi terkait hal itu. Tapi jika Yunani bersikap terus terang sebagai negara tetangga, kami juga akan siap untuk melakukan negosiasi," tambahnya.

Pada konferensi pers tersebut, Erdogan menyebut Uni Eropa juga tidak bersikap terus terang terhadap Turki, khususnya perihal proses pengakuan Turki sebagai salah satu anggota blok tersebut.

"Uni Eropa selama ini tidak pernah bersikap jujur, mereka tidak pernah menepati janji. Tapi...kami selalu bersabar, dan kami masih bersabar," tukasnya.

Erdogan sendiri sudah mengajukan permohonan untuk menjadi anggota Uni Eropa sejak awal tahun 2000-an, namun sejauh ini belum ada progres.

Awas, Vaksin Covid-19 Ini Bisa Picu Gejala Alergi Anafilaktik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×