logo


Diduga Lakukan Monopoli, Facebook Digugat oleh Pemerintah AS

Gugatan yang dilayangkan oleh pemerintah AS tersebut kemungkinan akan memaksa Facebook untuk menjual Instagram dan Whatsapp.

10 Desember 2020 12:00 WIB

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg infostormer.com

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Amerika Serikat melalui Komisi Perdagangan Federal dan sejumlah pemerintah negara bagian AS pada Rabu (9/12) melayangkan gugatan kepada Facebook karena dituding melakukan monopoli pasar, dimana gugatan tersebut membuat mereka kemungkinan terpaksa menjual sejumlah aplikasi yang sudah mereka akuisisi, seperti Instagram dan Whatsapp.

Gugatan dilayangkan usai mereka menuding Facebook membeli sejumlah perusahaan pengembang aplikasi yang merupakan kompetitornya, seperti Instagram, yang dibeli dengan nilai mencapai USD 1 miliar pada tahun 2012 lalu, dan Whatsapp dengan nilai akuisisi USD 19 miliar, dua tahun setelahnya.

"Selama hampir satu dekade, Facebook telah memanfaatkan dominasinya dan kekuatan monopolinya untuk menghancurkan kompetitor kecil mereka," kata Jaksa Agung New York Letitia James, atas nama koalisi 46 negara bagian AS.


Industri Sektor Pertahanan China Jadi Kedua Terbesar di Dunia pada 2019

Diketahui, hanya tiga negara bagian yang tidak ikut dalam surat gugatan tersebut, yakni Washington DC, Alabama, Georgia, Carolina Selatan dan Dakota Utara.

James mengatakan bahwa Facebook mengakuisisi sejumlah rival sebelum mengancam dominasi perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

Sementara itu, kuasa hukum Facebook Jennifer Newstead menyebut bahwa Whatsapp dan Instagram berhasil mencapai kesuksesan setelah Facebook membeli saham mereka.

Pada bulan lalu, Facebook mengatakan bahwa mereka telah mengakuisisi sebuah perusahaan start-up layanan pelanggan, Kustomer, dimana the Wall Street Journal melaporkan bahwa akuisisi tersebut senilai USD 1 miliar.

Iran Sebut Senjata yang Digunakan dalam Pembunuhan Ilmuwan Nuklirnya adalah Milik NATO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia