logo


WHO Ingatkan Vaksin Tidak Membuat Virus Covid-19 Hilang

WHO meminta masyarakat dunia untuk tetap mewaspadai laju peningkatan virus Covid-19 meski program vaksinasi sudah dimulai

7 Desember 2020 13:15 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (4/12) memperingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap mewaspadai peningkatan jumlah kasus Covid-19 meskipun program vaksinasi sudah dimulai.

"WHO khawatir mengenai adanya anggapan yang belakangan ini berkembang jika situasi pandemi sudah berakhir. Kenyataannya adalah, banyak tempat yang menyaksikan adanya peningkatan penyebaran virus, yang memberikan tekanan yang luar biasa terhadap rumah sakit, dan tenaga medis," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip Euronews.

Kepala WHO tersebut juga menyambut baik pengumuman yang dibuat oleh Presiden terpilih AS Joe Biden dan sejumlah mantan presiden AS seperti Obama, George Bush dan Bill Clinton, yang mengatakan bahwa mereka bersedia mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.


Mantan Kepala Intel AS Tuding Empat Negara Ini Coba Curi Data Vaksin Covid-19 Lewat Serangan Siber

Sementara itu, Kepala Situasi Darurat WHO, Mike Ryan memperingatkan bahwa virus Covid-19 masih tetap ada meskipun program vaksinasi sudah dilakukan.

"Vaksin bukan berarti zero Covid-19," kata Mike Ryan.

Sejak awal kemunculannya pada Desember 2019 lalu, virus Corona Covid-19 sudah menginfeksi lebih dari 65 juta orang di seluruh dunia dimana lebih dari 1.5 juta kasus diantaranya berakhir dengan kematian. Jumlah kasus Covid-19 juga kembali meningkat di penghujung tahun 2020 ini.

"Masyarakat harus benar-benar berpikir terlebih dahulu mengenai apa yang akan mereka lakukan selama musim liburan untuk menekan laju peningkatan kasus," kata Maria Van Kerkhove, salah satu pejabat WHO.

"Keputusan yang kita buat saat ini adalah keputusan hidup dan mati," tukasnya.

Kehilangan Nagorno-Karabakh, Oposisi Armenia Desak PM Nikol Pashinyan Segera Mundur

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×