logo


Hadapi Ancaman China, Jepang Gelar Latihan Militer Gabungan dengan Perancis dan AS

Surat kabar Jepang mengabarkan bahwa Jepang segera menggelar latihan militer gabungan dengan Perancis dan AS di sebuah pulau milik Jepang yang tidak berpenghuni pada bulan Mei 2021

7 Desember 2020 11:30 WIB

Militer Jepang dan Amerika Serikat tengah melakukan upacara
Militer Jepang dan Amerika Serikat tengah melakukan upacara istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Jepang, Perancis dan Amerika Serikat dikabarkan akan menggelar latihan militer gabungan pertama pada Mei tahun depan usai militer China meningkatkan aktivitas mereka di kawasan Asia Timur beberapa waktu belakangan ini. Hal tersebut pertama kali dipalorkan oleh media Jepang, surat kabar Sankei pada Minggu (6/12).

Surat kabar tersebut juga mengatakan bahwa latihan militer gabungan antara tiga negara tersebut akan digelar di sebuah pulau milik Jepang yang tidak berpenghuni. Latihan tersebut, lanjutnya, bertujuan untuk menghadapi ancaman dari China, yang mengklaim sejumlah pulau milik Jepang di Laut China Timur.

"Kami ingin menunjukkan kehadiran kami di kawasan dan mengirimkan sebuah pesan adanya hubungan kerjasama Jepang-Perancis," kata Admiral Pierre Vandier, Kepala staf Angkatan Laut Perancis kepada Sankei dalam sebuah wawancara, dilansir Reuters.


Kondisi Kesehatan Memburuk, Jurnalis Iran Sebut Khamenei Serahkan Kekuasaan kepada Putranya

"Ini adalah sebuah pesan yang ditujukan kepada China. Ini adalah pesan mengenai adanya kerja sama multilateral," tambahnya.

Sementara itu, pemerintah China berulang kali menegaskan bahwa mereka tidak berniat untuk memicu konflik di kawasan. Namun, peningkatan aktivitas militer China di dekat kepulauan yang ada wilayah sengketa di Laut China Timur telah memicu kekhawatiran dari pemerintah Jepang.

Usai Normalisasi Hubungan dengan Israel, Serangan Siber terhadap Uni Emirat Arab Meningkat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×