logo


Menlu Iran: Mengapa Negara Barat Dukung Terorisme Israel?

Menteri Luar Negeri Iran menuding negara Barat mendukung aksi terorisme Israel terhadap Iran

4 Desember 2020 19:45 WIB

Tehran Times

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif menuding Israel adalah dalang insiden serangan yang menewaskan ilmuwan nuklir mereka, Mohsen Fakhrizadeh, dimana negara-negara Barat tetap diam terkait insiden tersebut. Ia meminta negara di wilayah Timur Tengah untuk tidak mendukung tindakan Israel terhadap Iran tersebut.

"Mengapa negara Barat mendukung terorisme Israel? Mengapa Israel melakukan serangan teror terhadap Iran, termasuk kepada ilmuwan nuklir kami, tanpa adanya kecaman dan konsekuensi dari negara Barat?" tanya Zarif dalam Med2020, sebuah forum internasional yang digelar di Roma, pada Kamis (3/12), dikutip Al Jazeera.

"Saya ingin bertanya kepada negara-negara tetangga, apakah mereka siap melawan Israel bersama dengan Iran?" tambahnya.


Kepala Intelijen AS Sebut Beijing Ingin Kuasai Ekonomi, Teknologi dan Militer Dunia

"Kita negara bertetangga, kita akan tetap bersama-sama di kawasan (Timur Tengah) ini. Saya rasa mereka akan mengijinkan Israel membawa sebuah pertempuran (baru) di kawasan," lanjut Zarif.

Meski sejauh ini belum ada satu pun pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun Iran telah menuduh Israel.

Dalam kesempatan tersebut, Zarif juga memperingatkan bahwa keputusan parlemen Iran terkait RUU nuklir akan segera disahkan menjadi undang-undang, namun hal tersebut dapat ditunda jika sanksi Washington terhadap Iran segera dicabut dan AS bersedia kembali kedalam kesepakatan nuklir, tanpa adanya syarat tambahan.

"Kami tidak pernah keluar (dari kesepakatan nuklir). AS lah yang keluar," ujar Zarif.

"Iran akan kembali ke dalam kesepakatan tersebut dengan sepenuhnya mematuhi (aturan), namun terlebih dahulu AS harus melakukan kewajiban mereka tanpa syarat. Mereka juga harus kembali ke dalam perjanjian tersebut dan mematuhi aturannya serta melakukan normalisasi hubungan perekonomian Iran dengan dunia," tukasnya.

Iran Tak Akan Lakukan Serangan Balasan atas Kematian Ilmuwan Nuklirnya Sebelum Joe Biden Dilantik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia