logo


Snowden Minta Donald Trump Beri Ampunan kepada Pemilik WikiLeaks

Julian Assange, pemilik WikiLeaks, terancam hukuman 175 tahun penjara karena telah mencuri dan menyebarkan sejumlah dokumen rahasia keamanan nasional AS

4 Desember 2020 15:45 WIB

Edward Snowden
Edward Snowden istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Mantan pegawai CIA yang menjadi buronan Amerika Serikat, Edward Snowden, meminta Donald Trump untuk memberikan ampunan kepada Julian Assange, pemilik WikiLeaks, yang diketahui terancam hukuman penjara hingga 175 tahun usai mencuri dan menyebarkan sejumlah dokumen rahasia keamanan nasional Amerika Serikat.

"Bapak Presiden, jika anda hanya akan mengabulkan satu kebijakan ampunan selama waktu anda berada di Gedung Putih, saya mohon: bebaskan Julian Assange. Hanya anda yang dapat menyelamatkan nyawanya. @realDonaldTrump," kata Snowden dalam cuitannya pada Jumat (4/12).

Snowden sendiri diketahui bernasib sama dengan Assange, dimana ia juga telah menjadi buronan pemerintah AS usai merilis dokumen rahasia melalui buku yang ia tulis. Ia sempat melarikan diri ke Hong Kong dan kemudian berpindah ke Moskow dimana saat ini ia telah mendapatkan status permanent resident dari pemerintah Rusia.


Unik, Adolf Hitler Berhasil Menang Pilkada di Namibia

Pada bulan September lalu, saat ditanya oleh wartawan terkait kemungkinan memberikan ampunan kepada Snowden, Trump mengatakan bahwa dirinya akan mempertimbangkannya.

Sementara itu, sutradara film asal AS, Oliver Stone, juga meminta pemerintahan Trump untuk memberikan ampunan kepada Assange dan Snowden.

"Sebuah ampunan kepada @snowden dan #Assange akan menjadi guncangan yang hebat bagi dunia, dan merefleksikan kebaikan @realDonaldTrump. Terlepas dari segala keburukan yang telah ia buat, ampunan ini akan terlihat sebagai sebuah tindakan bermurah hati," kata Oliver Stone dalam cuitannya.

Media AS Sebut Israel Terlibat dalam Insiden Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia