logo


Pilkada Jangan Sampai Jadi Klaster Baru Covid-19

Penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi memiliki tantangan tersendiri. Hal itu dikarenakan pelaksanaan pilkada harus mampu memberikan jaminan kesehatan, baik kepada masyarakat ataupun setiap personel sebagai penyelenggara pilkada

4 Desember 2020 15:20 WIB

Seorang warga mencelupkan jari ke tinta saat menggunakan hak suara Pilkada DKI Jakarta di TPS 54 kawasan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta, Rabu (19/4/2017).
Seorang warga mencelupkan jari ke tinta saat menggunakan hak suara Pilkada DKI Jakarta di TPS 54 kawasan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta, Rabu (19/4/2017). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono berharap terjalin sinergi kerja sama antara DPD RI, KPU, dan Bawaslu untuk mewujudkan pilkada yang aman, lancar, dan berkualitas di tengah pandemi Covid-19.

"Teman-teman akan kembali ke daerah masing-masing untuk melakukan pengawasan di daerah masing-masing. Kita berharap bisa terkoneksi, apa saja yang terjadi di lapangan tolong kami dikomunikasikan,” kata Nono dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Jumat (4/12/2020).

“Dan sebaliknya, kami juga akan mengkomunikasikan terkait temuan perkembangan di lapangan," ucap Nono.


Heran Vicky Prasetyo Bakal Mempolisikannya, Vivi Paris: Lucu, yang Beri Utang Malah Dilaporkan

Dalam hal ini, Nono mengingatkan, penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi memiliki tantangan tersendiri. Hal itu dikarenakan pelaksanaan pilkada harus mampu memberikan jaminan kesehatan, baik kepada masyarakat ataupun setiap personel sebagai penyelenggara pilkada di Maluku.

Nono juga berharap agar penerapan protokol kesehatan di setiap tahapan pilkada harus dilakukan secara ketat, baik oleh KPU ataupun Bawaslu.

"Pemilu tanpa Covid-19 sudah ada tantangan. Adanya Covid-19 menghasilkan beban lain dalam pelaksanaan pilkada. Jangan sampai yang terdampak dirasakan masyarakat, baik kesehatan atau ekonomi. Harus dijaga baik para pemilih, ataupun KPU dan Bawaslu sendiri," tuturnya.

Senator DPD RI dari Maluku ini menilai melalui pilkada yang berkualitas, mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan mampu membangun daerahnya. Oleh karena itu, darimana meminta agar semua pihak untuk bertanggung jawab dalam menyukseskan pilkada di Maluku

"Ujung dari proses demokrasi ini adalah bagaimana rakyat memilih pemimpinnya, kita berharap agar lebih baik kualitasnya dan menghasilkan pilihan yang tepat. Kita bertanggung jawab kepada semuanya, bahwa dalam proses pilkada ini menghasilkan pemimpin yang lebih baik,” pungkasnya.

Hashim Tegaskan Prabowo Subianto dan Keluarganya Tak Ada Kaitannya dengan PT ACK di Kasus Ekspor Benur

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar