logo


CDC Prediksi Jumlah Kematian Akibat Covid-19 di AS Bertambah Lebih dari 200 Ribu Selama Musim Dingin

Direktur CDC mengatakan bahwa seluruh komponen masyarakat AS harus kompak dalam melakukan tindak pencegahan Covid-19 guna menghindari penambahan angka kematian yang diprediksi mencapai lebih dari 200 ribu dalam kurun waktu tiga bulan ke depan

3 Desember 2020 19:45 WIB

Direktur CDC AS Robert Redfield
Direktur CDC AS Robert Redfield axios

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular AS (CDC) Robert Redfield mengatakan bahwa jumlah kematian akibat virus Sars-Cov-2 di AS kemungkinan akan meningkat lebih dari 200 ribu kasus dalam tiga bulan mendatang, jika masyarakat tidak secara serius melakukan langkah pencegahan.

"Kenyataannya, Desember, Januari dan Februari akan menjadi periode waktu yang sangat sulit. Saya sangat meyakini bulan-bulan itu akan menjadi masa paling sulit dalam sejarah kesehatan masyarakat negeri ini," ujarnya dalam sebuah acara bersama Kamar Dagang dan Industri AS pada Rabu (2/12) dikutip The Hill.

Peringatan yang disampaikan oleh Redfield tersebut muncul seiring dengan jumlah penambahan kasus Covid-19 harian di Amerika Serikat terus bertambah, dimana pada Rabu (2/12) mereka melaporkan ada lebih dari 2 ribu kasus kematian akibat infeksi tersebut.


Hubungan AS-Iran Memanas, Donald Trump Tarik Belasan Diplomat AS dari Baghdad

Rumah sakit yang ada di AS juga sudah kewalahan menghadapi penambahan jumlah pasien Covid-19.

"Sayangnya, menurut saya, sebelum kita memasuki bulan Februari, hampir 450 ribu warga AS akan meninggal dunia karena virus ini," tambahnya.

"Sebenarnya, langkah mitigasi benar-benar manjur (mencegah penyebaran). Tantangannya adalah, hal ini tidak akan berhasil jika hanya setengah dari kita yang melakukan apa yang perlu dilakukan. Virus ini nantinya akan memaksa kita semua untuk menjadi sangat waspada," lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa dirinya mengaku sangat kecewa dengan sejumlah pihak yang dengan sengaja mempolitisasi langkah pencegahan penyebaran virus, seperti penggunaan masker.

"Waktu berdebat mengenai apakah masker itu benar-benar berfungsi (mencegah penyebaran virus) atau tidak sudah selesai. Kita juga sudah memiliki bukti ilmiah," tandasnya.

Menurut data terakhir Worldometer, jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia saat ini sudah mencapai 64 juta kasus dan 44 juta kematian terkait infeksi tersebut, dimana lebih dari 14 juta kasus dan lebih dari 279 ribu kematian diantaranya berasal dari Amerika Serikat.

Hadapi Krisis Ekonomi, Lebanon Hanya Bisa Berharap pada Bantuan Internasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia