logo


Dorong Kalangan Difabel Ambil Bagian Membangun Bangsa, Menkominfo Tingkatkan Aksesibilitas TIK

Menteri Johnny mengatakan bahwa ketersediaan akses dapat memperbaiki kualitas hidup penyandang difabel

3 Desember 2020 18:52 WIB

Johnny G Plate
Johnny G Plate Kominfo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengapresiasi Kementerian Sosial yang telah menyelenggarakan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 dengan tema Membangun Kembali Kehidupan yang Lebih Baik, Lebih Inklusif, Lebih Aksesibel dan Berkelanjutan Disaat dan Pasca Pandemi Covid-19. Ia mengatakan bahwa tema tersebut sejalan dengan transformasi digital yang tengah difinalisasi oleh Kementerian Kominfo.

“Tema tersebut sejalan dengan peta jalan transformasi digital yang sedang difinalisasi oleh Kementerian Kominfo, di mana salah satu inisiatifnya adalah meningkatkan aksesibilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk penyandang difabel,” ujar Menteri Johnny dalam Pengumuman Pemenang Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional untuk Disabilitas secara Daring dari Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Menteri Johnny mengatakan bahwa ketersediaan akses dapat memperbaiki kualitas hidup penyandang difabel. Ia pun mendorong agar banyak kegiatan publik yang melibatkan kalangan difabel. Hal tersebut tentu dapat mendorong solidaritas kalangan difabel sehingga dapat turut mengambil bagian dalam membangun bangsa.


Agar Proyek SATRIA-1 Berjalan Normal, Kominfo Siapkan 3 Langkah Antisipasi

"Kementerian Kominfo terus mendukung lahirnya lebih banyak forum-forum publik dan kanal yang melibatkan kalangan difabel secara aktif. Mari kita perkuat solidaritas dan mengajak kalangan difabel untuk turut mengambil bagian integral dalam membangun bangsa,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa peringatan HDI 2020, menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menjangkau setiap lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air tanpa terkecuali. “Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia; no one should be left behind, enggak ada yang ditinggal di belakang,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kominfo menyampaikan selamat kepada para pemenang masing-masing lomba dan kompetisi yang diselenggarakan BAKTI Kementerian Kominfo sebagai bagian rangkaian peringatan HDI 2020.

Sementara itu, Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan bahwa peringatan HDI diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong peningkatan upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Ia juga berharap peringatan HDI dapat membangun kembali kualitas kehidupan yang lebih baik, inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca pandemi Covid-19.

“Harapan kami bahwa semaraknya peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020 dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, dan menjadi momentum untuk terus membangun Indonesia yang lebih inklusif dan lebih maju,” ujarnya.

Mulai dari Talkshow hingga Pembagian Bansos, Begini Cara Kemensos Peringati Hari Disabilitas Internasional

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati