logo


Demokrat Sayangkan Sikap Jokowi Belum Merespon Pemerintahan Sementara Papua

Irwan menyayangkan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum merespon langsung deklarasi tersebut

3 Desember 2020 14:04 WIB

Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat, Irwan
Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat, Irwan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Politisi Partai Demokrat, Irwan Fecho menyoroti tindakan yang dilakukam oleh Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP) pimpinan Benny Wenda yang mendeklarasikan diri sebagai Presiden dan pemerintahan sementara.

Irwan menyayangkan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum merespon langsung deklarasi tersebut dengan pernyataan dan tindakan yang tegas guna menegakkan kedaulatan NKRI.

“Tentu saya mendesak keras pemerintah segera menghentikan aksi provokasi tersebut agar masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Papua Barat dapat hidup tenang dan damai tanpa isu-isu liar yang mengancam disintegrasi bangsa,” ujar Irwan di Jakarta, Kamis (3/12/2020).


Guru Besar UI: Pemerintahan Sementara Bentukan Benny Wenda Tidak Memiliki Dasar

Anggota DPR RI ini menjelaskan bahwa Papua Barat adalah bagian dari kedaulatan NKRI yang sah dan tidak boleh diklaim dan diganggu gugat pihak manapun termasuk Benny Wenda.

Menurutnya masyarakat Papua Barat menjadi bagian seluruh rakyat Indonesia dan menolak adanya provokasi pemisahan dari negara Indonesia.

“Saya juga mendorong pemerintah terus hadirkan pemerataan dan percepatan pembangunan di Papua Barat dan Papua,” kata dia.

“Kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan di tanah air merupakan jalan persatuan bangsa ini. Itulah sejatinya perwujudan dari nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.

Soal Klaim Pemerintahan Sementara Papua, KSP: Dapat Dianggap Sebagai Melawan Hukum

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar