logo


Tangani Persoalan Papua, Rocky Gerung Ingatkan Pemerintah Tak Tergelincir Pelanggaran HAM

Pelanggaran HAM di Papua hanya akan mempertebal niat mereka untuk memisahkan diri dari Indonesia.

3 Desember 2020 06:30 WIB

Rocky Gerung.
Rocky Gerung. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pengamat politik Rocky Gerung menilai sejumlah menteri harus sigap menghadapi persoalan deklarasi kemerdekaan Papua Barat. Menurutnya, menteri yang bersangkutan semestinya bisa menerangkan bahwa Indonesia dalam kondisi yang tidak baik.

“Keadilan yang tidak tiba di tanah Papua itu, mesti betul-betul secara bijak diuraikan terutama oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Menko Polhukam, dan Menteri Dalam Negeri. Mereka mesti tunjukkan kepada Jokowi supaya paham bahwa negeri ini tidak sedang baik-baik saja,” ujarnya di YouTube Rocky Gerung Official.

Dosen filsafat UI itu mengingatkan pemerintah harus berhati-hati dalam menangani kasus ini. “Jadi soal itu sebetulnya yang mesti dibaca secara cepat oleh intelijen, supaya operasi-operasi kekerasan itu harus betul-betul memperhatikan nilai HAM,” jelasnya.


Minta Pemerintah Tak Anggap Remeh Deklarasi Benny Wanda, PKS: Kita Tak Ingin Papua Berakhir seperti Timor Timur

Menurutnya, pelanggaran HAM tak boleh terjadi di Papua. Sebab, hal itu akan menguatkan niat mereka untuk memisahkan diri dari Indonesia.

“Sekali tergelincir pada pelanggaran HAM, seluruh dunia akan kembali menselebritikan tuntutan independen dari masyarakat Papua, dan bagi forum Internasional itu ada hak untuk menentukan nasib sendiri yang disebut bagian dari hak asasi sebuah bangsa itu,” imbuhnya.

Guru Besar UI: Pemerintahan Sementara Bentukan Benny Wenda Tidak Memiliki Dasar

Halaman: 
Penulis : Iskandar