logo


Papua Barat Deklarasi Kemerdekaan, Rocky Gerung: Pemerintah Harus Berterima Kasih

Deklarasi itu sekaligus memberikan sinyal kuat pada pemerintah bahwa ada sesuatu yang harus dibenahi.

3 Desember 2020 05:30 WIB

Rocky Gerung
Rocky Gerung Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat politik Rocky Gerung turut berkomentar mengenai deklarasi kemerdekaan Papua Barat, tepat di hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Selasa (1/12).

Rocky Gerung menilai deklarasi Papua Barat itu menjadi ‘pukulan’ bagi pemerintah Indonesia yang tak membuka ruang dialog untuk OPM.

“Istana gak mau buka peluang itu, maka hukum-hukum sosiologi mulai bekerja yaitu apa yang tidak bisa diuraikan dengan pikiran akan diselesaikan di jalanan,” ujarnya di YouTube Rocky Gerung Official.


Minta Pemerintah Bebaskan Semua Tahanan Politik, Rizieq Shihab: Ajak Mereka Berdebat Sehat

Dosen filsafat UI itu bahkan menyebut pemerintah seharusnya berterima kasih kepada Papua Barat yang telah memperlihatkan realitas persoalan yang terjadi di Indonesia.

“Pemerintah harus berterima kasih karena dengan ekspresinya itu kemudian mereka memberikan sinyal yang kuat pada pemerintah bahwa ada sesuatu yang harus dibenahi,” jelasnya.

Sebelumnya, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) mendeklarasikan pembentukan pemerintah sementara Republik Papua Barat dengan mengangkat Benny Wenda sebagai Presiden sementara Papua Barat.

Minta Pemerintah Tak Anggap Remeh Deklarasi Benny Wanda, PKS: Kita Tak Ingin Papua Berakhir seperti Timor Timur

Halaman: 
Penulis : Iskandar