logo


Mulai dari Talkshow hingga Pembagian Bansos, Begini Cara Kemensos Peringati Hari Disabilitas Internasional

Kementerian Sosial RI memperingati Hari Disabilitas Internasional pada Rabu (2/12) dengan menggelar sejumlah acara seperti Talkshow, pameran UMKM, dan pembagian bantuan sosial kepada penyandang disabilitas

2 Desember 2020 20:49 WIB

Hari Disabilitas Internasional
Hari Disabilitas Internasional istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Sosial mengadakan program acara Hari Disabilitas Internasional 2020 pada Rabu (2/12) untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh PBB.

"Setiap Tanggal 3 Desember Diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dalam rangka memperingatinya, Kementerian Sosial mengadakan program acara Hari Disabilitas Internasional 2020 yang tujuannya supaya warga masyarakat ikut menikmati sejumlah karya dari para penyandang disabilitas," kata Kementerian Sosial dalam siaran pers yang diterima oleh redaksi Jitunews pada Rabu (2/12).

Menariknya, program tersebut digelar secara virtual melalui website https://creativedisabilitiesgallery.com, dimana masyarakat dapat melihat berbagai pameran dari lembaga UMKM seluruh Indonesia. Website tersebut didesain sedemikian rupa agar pengunjung dapat menikmati acara seperti datang langsung ke lokasi pameran.


Juarai Trofeo Bhayangkara 2017, Arema : Pertandingan Sesuai Dengan Harapan

"Memperingati Hari Disabilitas Internasional 2020 kemensos menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti ada Talkshow antara figur-figur publik bersama pejabat kemensos dan pemerintahan yang lain, juga kita membuat virtual galery namanya creativedisabilitiesgallery.com disitu dimana didalam galery tersebut ditampilkan produk-produk, karya-karya dari temen-temen penyandang disabilitas dan juga bisa langsung ada e-commercenya," kata Menteri Sosial Juliari Batubara.

Selain itu, Menteri Juliari menambahkan bahwa pihaknya juga akan membagikan sejumlah bantuan sosial kepada keluarga penyandang disabilitas, terutama di wilayah yang terdapat balai rehabilitasi disabilitas.

"Kita juga ada program-program bansos untuk disabilitas khususnya di wilayah-wilayah yang kita punya balai rehabilitasi disabilitas kita juga memberikan langsung kepada keluarga-keluarga disabilitas berupa paket sembako itu kita lakukan di beberapa tempat," ujar Mensos.

Dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional ini, Mensos juga menitipkan pesan bagi para penyandang disabilitas agar tetap optimis.

"Untuk saudara-saudara penyandang disabilitas yang kita banggakan selamat Hari Disabilitas Internasional, semoga kita tetap optimis dan semangat yang tinggi untuk menjadikan penyandang disabilitas aset yang berharga bagi kemajuan bangsa Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat mengatakan bahwa peranan dan motivasi orang tua sangat dibutuhkan bagi anak-anak penyandang disabilitas agar mereka dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam diri mereka.

"Anak Disabilitas yang diberikan anugerah oleh Tuhan atas kemampuan yang dimiliki semua orang yang berada dilingkungannya untuk temen-temen disabilitas bahkan sejak usia dini itu sensitif terhadap kemampuan yang dimiliki terutama ibunya sebagai panutan, misalnya anak tersebut potensi talentanya dibidang seni lukis, karena itu ibunya mendorong, memotivasi dan memfasilitasi semua keinginan anak tersebut dan jadilah seorang anak yang penuh kepercayaan diri, punya kreatifitas bahkan sudah mulai menunjukkan kemandirian," ujar Harry.

Perlu diketahui, acara puncak Hari Disabilitas Internasional 2020 akan digelar pada Kamis (3/12) besok mulai pukul 09.30 WIB, dimana seluruh rangkaian acara tersebut dapat disaksikan melalui aplikasi Zoom dan channel YouTube Kemensos RI.

Yuk, Ikutan Kuis Silver Queen Share Your Love!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×