logo


Presiden Venezuela Siap Mundur Jika Oposisi Menang Pemilu Parlemen

Nicolas Maduro mengatakan bahwa dirinya siap melepas jabaran presiden Venezuela jika pihak oposisi memenangkan pemilu parlemen yang akan digelar pada Minggu (6/12)

2 Desember 2020 19:45 WIB

Presiden Venezuela Nicolas Maduro
Presiden Venezuela Nicolas Maduro istimewa

CARACAS, JITUNEWS.COM - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyatakan siap untuk mundur jika pihak oposisi berhasil memenangkan pemilu parlemen yang akan segera digelar pada Minggu (6/12).

"Jika kami menang, kami akan melanjutkan (pemerintahan), namun saya juga akan mengatakan bahwa nasib saya berada di tangan anda. Jika oposisi menang, saya akan mengundurkan diri dari posisi presiden. Jika oposisi memenangkan pemilu, saya tidak akan tinggal di sini, nasib saya berada di tangan rakyat Venezuela," kata Maduro dalam siaran televisi, dikutip Sputnik News, Rabu (2/12).

Dalam proses pemilu tersebut, 107 partai politik bersaing untuk kursi parlemen. Meski demikian, pihak oposisi termasuk politisi Juan Guaido telah memutuskan untuk memboikot pemilu tersebut.


Mau Nyapres Lagi, Donald Trump: Sampai Jumpa Empat Tahun Mendatang

Guaido, yang menyatakan diri sebagai presiden pada Januari 2019, meminta adanya protes massal melawan pemerintahan Maduro dan meninggalkan Venezuela setelah gagal mengupayakan aksi protes tersebut. Ia mendapat dukungan dari AS dan sejumlah negara aliansinya, sehingga kemenangan Maduro pada pemilu 2019 tidak mendapat pengakuan dari AS yang kemudian menjatuhkan sejumlah sanksi terhadap perusahaan dan pejabat pemerintahan Venezuela.

Sistem Layanan Darurat 911 Mencapai Batas, Ambulan dan Paramedis AS Kewalahan Hadapi Gelombang Pasien Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia