logo


Dituduh Terlibat dalam Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran, Begini Komentar Arab Saudi

Menteri Luar Negeri Arab Saudi membantah bahwa pihaknya terlibat dalam insiden serangan yang menewaskan ilmuwan nuklir Iran pada Jumat (27/11)

2 Desember 2020 17:00 WIB

Peneliti Nuklir Iran Mohsen Fakrizadeh
Peneliti Nuklir Iran Mohsen Fakrizadeh istimewa

RIYADH, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Arab Saudi mengatakan bahwa mereka keberatan dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Iran yang menyebut Arab Saudi terlibat dalam serangan yang menewaskan salah satu ilmuwan nuklir mereka, Mohsen Fakhrizadeh.

"Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif sangat putus asa dengan menyalahkan Kerajaan (Arab Saudi) untuk semua hal buruk yang menimpa mereka. Apakah ia juga akan menyalahkan kami untuk gempa bumi dan banjir yang melanda mereka di masa mendatang?" kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubair dalam postingan Twitternya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran menuduh bahwa insiden serangan Fakhrizadeh telah dibahas dalam pertemuan tertutup yang dilakukan oleh PM Israel Benjamin Netanyahu dengan Pangeran Arab Mohammed bin Salman.


Insiden Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran Belum Dapat Tanggapan dari Dewan Keamanan PBB

"Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengadakan kunjungan singkat ke kawasan (Timur Tengah), pertemuan trilateral di Arab Saudi dan pernyataan Netanyahu mengarah kepada konspirasi ini yang sayangnya muncul dalam serangan teroris yang terjadi pada Jumat," kata Mohammad Javad Zarif, Menlu Iran dalam postingan sosial medianya.

Sementara itu, dalam sebuah wawancara dengan RT pada Selasa (1/12), perwakilan Arab Saudi untuk PBB mengatakan bahwa pihak kerajaan "sama sekali tidak mendukung adanya kebijakan pembunuhan."

Ilmuwan Nuklirnya Terbunuh, Iran Bakal Langgar Kesepakatan Nuklir?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia