logo


Minta Pemerintah Tak Anggap Remeh Deklarasi Benny Wanda, PKS: Kita Tak Ingin Papua Berakhir seperti Timor Timur

PKS menilai bahwa otonomi khusus yang berjalan hampir 20 tahun belum mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua. Bahkan eksploitasi masih sering terjadi.

2 Desember 2020 14:50 WIB

Sukamta
Sukamta Dok. PKS

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sukamta meminta agar pemerintah tidak menganggap remeh deklarasi pemerintahan sementara oleh Ketua United Liberation Movement for West Papua, Benny Wanda. Menurutnya, apabila hal tersebut tidak segera ditangani maka Papua bisa lepas dari Indonesia seperti Timor Timur.

"Jangan anggap remeh perkembangan ini, kita tidak ingin Papua berakhir seperti Timor Timur. Masih terus terjadi penembakan dan serangan kepada aparat dan masyarakat sipil, menunjukkan situasi di Papua belum stabil," kata Sukamta dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/12/2020).

"Penanganan terhadap masalah Papua yang selama ini dilakukan harus dikoreksi secara sistematis baik di tingkat pemerintah pusat ataupun di daerah," sambungnya.


Papua Bakal Punya Rumah Sakit Baru Dilengkap Laboratorium Covid-19

Sukamta menilai bahwa otonomi khusus yang berjalan hampir 20 tahun belum mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua. Bahkan eksploitasi masih sering terjadi.

"Belum lama ini muncul pemberitaan soal perusahaan sawit yang mengelola puluhan ribu hektare lahan yang berdampak hilangnya hak ulayat warga Papua. Ini menunjukkan tanah Papua selama ini hanya jadi lahan eksploitasi, pembangunan belum tuntas memanusiakan manusia," lanjutnya.

 

Benny Wenda Tantang RI, Fadli Zon Sentil Pemerintah: Kok Masih Sibuk Urus Rizieq Shihab?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati