logo


Rusia Bersedia Kerja Sama dengan Pemerintahan Joe Biden, Jika...

Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan AS jika komitmen untuk saling menghormati satu sama lain tidak dilanggar

1 Desember 2020 21:15 WIB

Joe Biden (kiri) dan Vladimir Putin (kanan)
Joe Biden (kiri) dan Vladimir Putin (kanan) istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa pihaknya bersedia bekerja sama dengan pemerintahan Joe Biden jika kedua belah pihak sepakat untuk saling menghormati satu sama lain. Meski demikian, banyak rakyat Rusia meyakini jika hubungan AS dan Rusia tidak akan mengalami perubahan yang signifikan.

"Kami akan menerima pilihan rakyat AS dan akan bekerjasama dengan pemerintahan manapun. Tentu saja, kerjasama ini dapat terjalin jika kedua pihak tetap menjaga prinsip kejujuran, saling menghormati dan tidak melakukan intervensi pada urusan masing-masing negara," kata Lavrov dalam sebuah wawancara, dikutip Russia Today.

Ia juga kembali menegaskan bahwa sebelum adanya pengumuman resmi, Rusia tidak akan menyampaikan ucapan selamat kepada Joe Biden. Menurutnya, pendekatan kebijakan internasional Joe Biden diperkirakan tidak jauh berbeda dengan mantan Presiden AS Barrack Obama.


Australia dan AS Segera Kembangkan Rudal Hypersonic, Lima Kali Lebih Cepat dari Kecepatan Suara

Sementara itu, wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengatakan bahwa kedua negara harus berupaya lebih untuk meningkatkan hubungan bilateral mereka, namun isu mengenai status wilayah Crimea tentunya dapat menjadi penghalang bagi kedua belah pihak untuk menggelar pembicaraan.

"Mengenai kawasan semenanjung yang disengketakan, yang mana kembali ke pangkuan Rusia pada tahun 2014 lalu, maka tidak ada yang perlu didiskusikan," ujarnya.

"Jika AS ingin meningkatkan ketegangan, silahkan saja. Kami akan memperlihatkan jika kebijakan internasional mereka tidak akan berjalan sesuai harapan," tukasnya.

Erdogan Khawatir Digitalisasi Picu Ketidakadilan dan Kesenjangan yang Jauh Lebih Besar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia