logo


Go Online, Ini pentingnya Web Toko Online untuk Bisnis Anda

Semakin canggihnya teknologi kita dapat memanfaatkan website sebagai lapak yang dapat digunakan untuk berjualan

1 Desember 2020 16:31 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di era yang serba canggih seperti sekarang, memungkinkan kita dapat berjualan tanpa harus menggunakan toko fisik yang mengharuskan kita membayar sewa ruko dengan harga puluhan hingga ratusan juta, untuk menawarkan dagangan kita. Namun, dengan semakin canggihnya teknologi kita dapat memanfaatkan website sebagai lapak yang dapat digunakan untuk berjualan. Kita dapat membangun website toko online.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang penting atau manfaat website untuk mengembangkan bisnis, mari kita bahas terlebih dulu apa itu website?

Website merupakan kumpulan informasi yang diakses menggunakan jalur internet. Setiap orang di pelosok bumi di berbagai ruang dan waktu dapat menggunakannya selama mempunyai jaringan internet. Secara teknis, website merupakan kumpulan halaman/page yang ada dan tergabung dalam domain atau subdomain.


Tokocrypto Resmi Luncurkan Aplikasi Perdagangan Aset Kripto

World wide web (www.) yang biasanya ada dalam gawai anda, merupakan alamat atau apa yang disebut dengan website. Dalam sudut pandang ahli, ada beberpa pengertian website, seperti:

Website merupakan fasilitas internet yang saling berhubung dengan dokumen dalam lingkungan yang berskala local atau jauh. Dokumen yang berada di dalam website disebut dengan web page. Link dalam website membuat pengguna bisa berpindah dari satu halaman/page menuju halaman/page yang lain (hyper text), baik di antara halaman yang disimpan pada server sama atau sarver yang ada di seluruh dunia (Hakim Lukmanul, 2004)

Gregorius (2000) menjelaskan bahwa website merupakan kumpulan halaman yang saling terhubung. File-file yang berada dalam website saling terhubung antara satu dengan lain.

Selanjutnya mari kita bahas pentingnya website toko online untuk mengembangkan bisnis yang sedang anda jalankan. Pada bagian ini mari kita bahas tentang manfaat membangun website toko online:

1. Mengurangi biaya produksi

Website toko online dapat anda manfaatkan untuk menekan biaya produksi. Dengan memanfaatkan website toko online anda dapat menekan biaya produksi sehingga anda dapat menjual produk dengan harga yang lebih murah kepada konsumen.

2. Mengurangi pengeluaran

Dengan memanfaat website online, anda tidak perlu membayar sewa bangunan untuk menjual produk. Selain itu biaya buruh dan biaya perawatan dapat ditekan sedemikian rupa. Dengan mengurangi pengeluaran, tentu saja anda akan mempunyai save money lebih banyak dan anda dapat mengembangkan bisnis anda dengan lebih cepat.

3. Memperluas Jangkauan perusahaan

Manfaat lain website toko online adalah kesempatan untuk memperluas jangkauan pemasaran produk yang anda jual. Dengan memanfaatkan website toko online anda dapat menjangkau konsumen tanpa terbatas ruang dan waktu. Apabila anda menyajikan kualitas produk dengan harga bersaing, tentu saja produk yang anda jual akan semakin cepat terjual dan membuat bisnis anda berkembang lebih pesar

4. Website toko online mengurangi resiko

Dengan menggunakan website online anda dapat memanage sendiri toko online yang sedang anda bangun. Sehingga anda lebih aman dan terpercaya daripada harus menjual melalui sales channel lain seperti toko-toko dan etalase yang tidak terjamin keamanannya. Website online memungkinkan anda menyimpan sendiri produk yang anda jual sehingga keamananannya akan lebih terjamin.

Setelah mengetahui fungsi website dan manfaat membuka website toko online, Apakah anda berminat untuk membuat website toko online sendiri?

Membuat website toko online cukup mudah. Pilihlah layanan web hosting murah Niagahoster yang memberikan Anda kemudahan dalam membuat website. Web hosting dari Niagahoster didukung fitur Auto Install WordPress dan Customer Service 24 jam. Anda juga bisa belajar membuat website toko online secara mandiri melalui ebook gratis Panduan Website Toko Online.

Utomo Parwito Bocorkan Rahasia Sukses Optimasi SEO

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata