logo


AS Sambut Baik Rencana Yunani Beli Jet Tempur F-35 untuk Imbangi Kekuatan dengan Turki

Dubes AS untuk Yunani mengatakan bahwa Washington menyambut baik rencana Athena membeli puluhan pesawat tempur F-35 buatan AS

1 Desember 2020 16:03 WIB

Pesawat tempur F-35
Pesawat tempur F-35 Anadolu

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat menyambut baik adanya ketertarikan dari Yunani dalam pembelian pesawat tempur F-35. Hal tersebut disampaikan oleh Dubes AS untuk Yunani Geoffrey Pyatt pada Senin (30/11).

"Kami telah memberikan sinyal untuk mendukung pembelian tersebut dan akan bekerja sama dalam program akuisisi di masa mendatang, yang dapat meningkatkan kemampuan pertahanan Yunani, kerja sama dengan pasukan bersenjata AS dan stabilitas kawasan," kata Pyatt dalam situs resmi kedubes AS.

Pyatt mengatakan bahwa hubungan pertahanan AS-Yunani merupakan salah satu yang terkuat yang dimiliki oleh AS di Eropa, sehingga Washington tentu saja menyambut baik kerja sama dengan Athena dalam pembelian tersebut.


Pemerintah Inggris Sebut Tak Ada Kehidupan Normal bagi Warga yang Tak Ikut Vaksinasi Covid-19

Meski demikian, Pyatt menegaskan bahwa proses pembelian pesawat F-35 akan memerlukan waktu lebih dari satu tahun.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Investasi Pertahanan dan Alutsista Yunani, Theodoros Lagios mengumumkan bahwa Athena berencana untuk membeli puluhan pesawat tempur siluman F-35 buatan AS dalam waktu dekat. Hal tersebut diumumkan setelah Yunani sebelumnya juga berencana membeli pesawat tempur Perancis, Rafale.

Sejumlah media melaporkan bahwa pembelian dua jenis pesawat tempur canggih tersebut dilakukan oleh Yunani untuk menyeimbangkan kekuatan tempurnya dengan Turki yang sudah memiliki sistem pertahanan S-400 buatan Rusia.

Stabilkan Harga Minyak OPEC Setuju Potong Kapasitan Produksi hingga 9.7 Juta per Hari

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia