logo


Mulai September 2021, Perusahaan Telekomunikasi Inggris Dilarang Pasang Alat 5G buatan Huawei

Pemerintah Inggris telah meminta perusahaan telekomunikasinya untuk mencopot seluruh peralatan buatan Huawei dari jaringan 5G mereka karena diyakini berpotensi mengancam keamanan nasional

30 November 2020 18:09 WIB

Huawei 5G
Huawei 5G istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Inggris mengumumkan bahwa seluruh perusahaan telekomunikasi yang ada di negaranya dilarang memasang peralatan jaringan 5G baru buatan Huawei setelah September 2021 mendatang. Hal tersebut sebagai bagian dari rencana mereka untuk menyingkirkan semua peralatan buatan China dalam jaringan 5G mereka.

Pemerintah Inggris sebelumnya sudah menginstruksikan agar seluruh perangkat Huawei yang sudah ada di dalam infrastruktur jaringan 5G mereka untuk dicopot pada akhir tahun 2027 mendatang. Hal tersebut dilakukan usai mereka menyakini bahwa perangkat Huawei dapat dimanfaatkan oleh pemerintah China untuk melakukan tindakan spionase yang mengancam keamanan nasional.

China dan Huawei berulang kali membantah tuduhan tersebut. Huawei pada pekan lalu mengatakan bahwa mereka sangat kecewa dengan rencana pemerintah Inggris yang ingin mendepak keluar perusahaan teknologi tersebut dari proyek pengadaan jaringan 5G, terlebih setelah pemerintah Inggris akan menjatuhkan sanksi sebesar 100 ribu Poundsterling bagi perusahaan-perusahaan teknologi Inggris yang melanggar kebijakan tersebut.


Uni Eropa Segera Bentuk Aliansi Baru dengan AS untuk Hadapi Kebangkitan Ekonomi China

"Saya telah menyusun langkah yang jelas untuk penghapusan secara menyeluruh perusahaan-perusahaan beresiko tinggi (terhadap keamanan nasional) dari jaringan 5G kami," kata Menkominfo Inggris Oliver Dowden dalam sebuah pernyataan tertulis dikutip Reuters, Senin (30/11).

"Ini akan segera dilakukan melalui sebuah kebijakan yang baru untuk mengidentifikasi dan melarang penggunaan peralatan telekomunikasi yang berpotensi mengancam kemanan nasional kami," tambahnya.

Pemerintah Inggris juga telah mengumumkan sebuah kebijakan baru untuk membuat variasi pada rantai pasokan peralatan 5G, dengan menyuntikkan investasi sebesar 250 juta poundsterling, melakukan uji coba kerjasama dengan perusahaan asal Jepang NEC dan pembangunan sejumlah fasilitas penelitian baru.

 

Vaksin Covid-19 Bikin Harga Minyak Dunia Jatuh

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia