logo


Uni Eropa Segera Bentuk Aliansi Baru dengan AS untuk Hadapi Kebangkitan Ekonomi China

Uni Eropa berencana mengajukan sebuah rencana dibentuknya aliansi baru dengan AS dibawah kepemimpinan Joe Biden untuk memperbaiki hubungan kedua pihak yang sempat tidak harmonis selama era Donald Trump

30 November 2020 16:02 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Uni Eropa dikabarkan tengah berusaha untuk membentuk sebuah aliansi baru dengan Amerika Serikat untuk mengubur adanya ketegangan yang terjadi diantara kedua belah pihak dibawah kepemimpinan Donald Trump guna mengatasi tantangan-tantangan yang ditimbulkan oleh kebangkitan ekonomi China. Hal itu dilaporkan oleh Financial Times pada Minggu (29/11).

Sebagaimana diketahui, dibawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, hubungan AS dengan Uni Eropa menjadi tidak harmonis, dimana sebagian besar negara anggota blok tersebut kini telah menyatakan selamat kepada Joe Biden yang diharapkan akan segera menggantikan posisi Trump.

"Sebagai masyarakat demokratis dan pasar terbuka, Uni Eropa dan Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan mengenai tantangan strategis yang ditimbulkan oleh peran internasional China yang terus mengalami perkembangan, bahkan jika kita tidak selalu sepakat soal cara terbaik untuk mengatasi hal itu," demikian pernyataan yang ada dalam rancangan rencana Uni Eropa seperti dikutip oleh FT.


Mantan Kepala CIA Minta Iran Tunggu Joe Biden Dilantik sebelum Balas Dendam Kematian Ilmuwan Nuklirnya

FT menambahkan bahwa rencana tersebut nantinya akan mengusulkan peluncuran sebuah agenda transatlantik baru antara Uni Eropa dengan AS, dan akan dibahas pada sebuah pertemuan internasional yang digelar pada tanggal 10-11 Desember mendatang.

Sebelumnya, Pada bulan November ini Uni Eropa telah menetapkan tarif impor hingga $4 miliar kepada AS sebagai langkah balasan terhadap pemerintahan Donald Trump yang memberikan subsidi kepada Boeing. Kendati demikian, Uni Eropa mengatakan bahwa mereka berharap dapat memperbaiki hubungan perdagangan antara Uni Eropa-AS jika Joe Biden terpilih menjadi Presiden AS menggantikan Donald Trump.

Kepala Perdagangan Uni Eropa Valdis Dombrovskis sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya juga sudah menjalin hubungan dengan Joe Biden secara tidak resmi terkait hal tersebut.

Bolsonaro Sebut Dirinya Punya Informasi soal Kecurangan dalam Pilpres AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia