logo


Mengutuk Keras Teror di Sigi, Mahfud Md: Itu Bukan Gerakan Keagamaan, tapi Kejahatan

Pemerintah telah memerintahkan aparat keamananan melalui satgas operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku

30 November 2020 14:13 WIB

kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menkopolhukam, Mahfud Md mengutuk keras tindakan teror yang dilakukan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Sigi, Sulawesi Tengah. Menurutnya, tindakan tersebut bukan termasuk gerakan keagamaan melainkan gerakan kejahatan.

"Pemerintah menyesalkan dan mengutuk keras tindakan teror, kekerasan dan kekejian yang dilakukan oleh kelompok teroris Muhahidin Indonesia Timur dalam hal ini kelompok Ali Kalora. Itu bukan gerakan keagamaan tapi gerakan kejahatan," kata Mahfud saat jumpa pers di Kemenko Polhukam, Senin (30/11/2020).

Mahfud mengatakan bahwa pemerintah turut berduka cita atas pembunuhan sadis terhadap 4 orang di Sigi. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah telah memerintahkan aparat keamananan melalui satgas operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku.


Rizieq Tolak Penelusuran Kontak Covid-19, Pemerintah Tak Segan Proses Hukum

"Peristiwa ini bukan perang suku apalagi perang agama. Peristwa ini dilakukan kelompok kejahatan yang bernama Mujahidin Indonesia Timur yang dipimpin Ali Kalora yang tidak bisa disebut mewakili agama tertentu," jelasnya.

"Ini upaya pihak-pihak tertentu untuk meneror dan menciptakan suasana yang tidak kondusif dengan tujuan menciptakan kekacauan yang bisa mengoyak persatuan dan memecah belah bangsa," lanjutnya.

 

Jawab Permintaan Mahfud Soal Pemanggilan Rizieq, FPI: Laksanakan Keadilan Tanpa Pandang Bulu

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati