logo


Habib Rizieq Tolak Publikasikan Hasil Swab, Satgas Covid-19: Kepentingan Kami untuk Mencatat

FPI mengatakan bahwa Habib Rizieq sudah melakukan swab mandiri

29 November 2020 05:15 WIB

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Istimewa

BOGOR, JITUNEWS.COM - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab menolak mempublikasikan hasil swab test Covid-19.

Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas Covid-19 Kota Bogor, Agustian Syah, menjelaskan pentingnya mengetahui hasil swab pasien untuk pendataan.

"Kami tekankan, sekali lagi, kami dari Satgas Covid Kota Bogor tidak pernah mem-publish data pasien. Ini jadi reminder bagi kita semua bahwa kami tidak pernah mem-publish data pasien. Kepentingan kami adalah untuk mencatat data jumlah pasien yang memang masuk ke Kota Bogor, dirawat di Kota Bogor," kata Agustian kepada wartawan di Kota Bogor, Sabtu (28/11).


Rizieq Tolak Tes Covid Diskes Bogor, Bima Arya: Saya Akan Datangi

Saat ini Habib Rizieq dirawat di RS UMMI Kota Bogor. Satgas menyebut Habib Rizieq sebagai orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 karena muncul klaster petamburan.

"Dengan asumsi yang bersangkutan adalah ODP, kenapa kita bilang ODP? Karena, yang bersangkutan dari klaster Petamburan ada ter-update ada 34 yang positif. Maka kita minta kepada yang bersangkutan melakukan swab," kata Agustian.

Agustian mengatakan bahwa pihaknya menghargai privasi pasien yang tidak ingin identitasnya dipublikasikan.

"Surat terakhir dari pasien meminta kepada ketua Satgas yang (menyatakan) keberatan apabila data di-publish, itu adalah hak pasien. Kami sangat menghargai privasi pasien dan kami di Satgas tak pernah mem-publish data pasien," katanya.

RS UMMI Dilaporkan, Satgas Covid-19: Menghalangi Upaya dalam Menangani Wabah

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata