logo


Dilantik Menteri Perindustrian, 189 Lulusan SMK-SMTI Makassar Ikut Wisuda Daring

Kegiatan wisuda yang dilakukan secara offline tentu saja dilangsungkan dengan mengikuti protokol kesehatan

28 November 2020 21:21 WIB

Seremonial Wisuda SMK-SMTI Makassar
Seremonial Wisuda SMK-SMTI Makassar ist

MAKASSAR, JITUNEWS.COM - Pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung tidak menyurutkan niat SMK-SMTI Makassar untuk mewisuda 189 lulusannya di tahun ajaran 2019/2020 ini. Kegiatan wisuda dan pelantikan ini dilakukan SMK-SMTI Makassar dengan dua metode yaitu offline dan online. Sebanyak 16 perwakilan wisudawan/wisudawati mengikuti kegiatan yang digelar di Aula Lt. 2 SMK-SMTI Makassar pada Sabtu, 28 November 2020. Sementara wisudawan/wisudawati yang lainnya mengikuti secara online melalui media Zoom Meeting dan kanal Youtube SMK-SMTI Makassar.

Kegiatan wisuda yang dilakukan secara offline tentu saja dilangsungkan dengan mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19. Kegiatan wisuda yang biasanya dihadiri oleh orang tua maupun wali dari peserta didik maupun tamu lainnya, tidak dapat mengikuti kegiatan ini dan hanya dapat menyaksikan secara online saja. Kendati demikian, diharapkan penggunaan dua metode ini dapat tetap menyemarakkan kegiatan.


Potong Anggaran Belanjanya Tahun 2016, Kemristekdikti Alokasikan untuk Tambah Beasiswa

Selain penggunaan dua metode, hal baru lainnya juga terjadi pada acara wisuda kali ini. Kegiatan wisuda ini dilangsungkan serempak secara nasional karena diikuti oleh sekolah maupun politeknik lainnya yang berada di bawah naungan BPSDMI Kementerian Perindustrian.

Pada wisuda perdana yang dilangsungkan secara nasional ini, para lulusan dilantik oleh Menteri Perindustrian, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita yang diwakili Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian. Disaksikan juga oleh Kepala BPSDMI, Bapak Eko S. A. Cahyanto pada acara yang bertajuk “Skills For Future”. Tajuk acara ini juga sebagai pengingat betapa pentingnya skill/kemampuan untuk masa depan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, era industri 4.0 mengharuskan siapa pun untuk lebih berkreasi, mencurahkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bersama. “Para wisudawan dan wisudawati harus menyadari, bahwa tantangan kalian sudah menanti. Banyak hal yang akan kalian hadapi. Semuanya harus menghadapi semua itu,” ujar Agus.

Untuk itu SMK-SMTI Makassar telah menyiapkan lulusannya agar dapat bersaing di dunia industri dengan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas SDM yang kompeten dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan dengan pelaksaan pendidikan yang link and match dengan kebutuhan industri. Selain itu, uji kompetensi juga tetap dilaksanakan supaya alumni SMK-SMTI Makassar tersertifikasi kompetensinya. Tak hanya itu, SMK-SMTI Makassar juga melangsungkan program sertifikasi bahasa asing guna menciptakan SDM yang berdaya saing tak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional.

Meskipun di tengah pandemi, SMK-SMTI Makassar terus berupaya menyalurkan lulusan sampai terserap di Industri. Hasilnya, sebagian besar alumni SMK-SMTI Makassar kini telah terserap di industri dan bisa turut berperan dalam kemajuan ekonomi Indonesia, khususnya di sektor industri.

Tingkatkan Produktivitas Masyarakat, Menristekdikti Terus Kembangkan Teknologi Berbasis Digital

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan