logo


Virus Covid-19 Tidak Berasal dari Wuhan, WHO: Sangat Spekulatif

WHO hingga kini masih berupaya mengungkap asal usul virus Covid-19 yang meluluhlantakkan perekonomian dunia pada tahun 2020 ini.

28 November 2020 18:00 WIB

Dr Mike Ryan, WHO
Dr Mike Ryan, WHO istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa sangat spekulatif bagi mereka untuk menyatakan bahwa virus Covid-19 tidak berasal dari China, dimana kasus pertama teridentifikasi berasal dari sebuah pasar hewan di Wuhan pada Desember 2019 lalu.

"Saya pikir sangat spekulatif bagi kami untuk menyatakan bahwa penyakit (Covid-19) tidak muncul dari China," kata Dr Mike Ryan, Kepala Situasi Darurat WHO, dikutip Reuters.

"Sangat jelas jika dilihat dari sudut pandang kesehatan publik bahwa anda memulai proses penyelidikan dimana kasus infeksi manusia pertama kali muncul," tambahnya.


Tiga Tentara India Tewas Ditembak Pasukan Pakistan di Wilayah Perbatasan

Meski demikian, ia tidak menutup kemungkinan jika bukti-bukti yang nantinya didapatkan pada proses investigasi bisa mengungkap jika virus tersebut berasal dari luar China.

Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa WHO berencana untuk mengirimkan sejumlah tim penelitian ke pasar hewan di Wuhan untuk mengungkap darimana virus tersebut berasal.

Sementara itu, China diketahui berulang kali membantah bahwa virus Sars-Cov-2 muncul pertama kali di Wuhan. Mereka menggulirkan narasi jika virus tersebut sebelumnya pernah ditemukan dalam kemasan produk makanan beku yang mereka impor dari negara asing dimana pada sebelumnya juga telah menyebar terlebih dahulu ke wilayah Eropa.

China Klaim Virus Covid-19 Sudah Ada di India Sebelum Menyebar ke Wuhan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia