logo


China Klaim Virus Covid-19 Sudah Ada di India Sebelum Menyebar ke Wuhan

Tim peneliti asal China mengklaim jika virus Corona (Covid-19) berasal dari India

28 November 2020 17:00 WIB

Juru Bicara Pemerintah China, Zhao Lijian
Juru Bicara Pemerintah China, Zhao Lijian SCMP

BEIJING, JITUNEWS.COM - Sejumlah peneliti China mengklaim jika virus Covid-19 tidak muncul pertama kali di Wuhan, melainkan sudah menyebar terlebih dahulu di India.

Para peneliti yang berasal dari Akademi Ilmu Pengetahuan China tersebut mengatakan bahwa pandemi berasal dari India. Mereka menjelaskan bahwa gelombang udara panas yang melanda India pada Mei dan Juni 2019 memicu terjadinya krisis air yang membuat meningkatnya kontak antara manusia dengan sejumlah binatang liar seperti kera.

Dalam jurnal kesehatan mereka, virus Sars-Cov-2 penyebab Covid-19 ditularkan dari kera ke manusia saat keduanya berbagi sumber air yang sama.


Ranjau Meledak di Suriah, 2 Anak-anak Tewas dan 2 Lainnya Luka-luka

Peneliti China juga mengatakan bahwa kondisi kebersihan di India yang sangat kurang ditambah tidak efektifnya sistem layanan kesehatan di negara tersebut sangat berkontribusi terhadap penyebaran virus.

Mereka juga memperkirakan penularan virus Covid-19 pada manusia pertama kali di India terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2019.

"Meskipun China menjadi pihak yang pertama kali melaporkan kasus, bukan berarti virus tersebut berasal dari China," kata juru bicara pemerintah China Zhao Lijian dikutip Russia Today.

Sejumlah pakar kesehatan di negara barat, termasuk Profesor David Robertson dari Universitas Glasgow menyebut bahwa peryataan para peneliti China tersebut sangat "bias".

"Para peneliti China juga telah mengabaikan data epidemiologis yang ada, yang menunjukkan bukti jelas kemunculan virus di China dan virus tersebut menyebar dari sana," ujar David Robertson dikutip Daily Mail.

Tiga Tentara India Tewas Ditembak Pasukan Pakistan di Wilayah Perbatasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia