logo


Kepala Insinyur Riset Nuklirnya Dibunuh, Iran Bakal Balas Dendam

Menteri Luar Negeri Iran meyakini jika Mohsen Fakhrizadeh, kepala tim riset pengembangan nuklir Iran, dibunuh oleh pasukan intelijen Israel, Mossad.

28 November 2020 15:00 WIB

Mobil Mohsen Fakhrizadeh yang diserang oleh sekelompok orang tidak dikenal
Mobil Mohsen Fakhrizadeh yang diserang oleh sekelompok orang tidak dikenal The Times of Israel

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Hossein Dehghan, seorang penasihat militer dari Pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei, pada Jumat mengatakan bahwa tindakan pembunuhan terhadap seoang pegawai Kementerian Pertahanan Iran Mohsen Fakhrizadeh tidak akan dibiarkan berlalu begitu saja.

Fakhrizadeh, seorang insinyur nuklir yang memimpin tim penelitian yang berada di bawah Kementerian Pertahanan Iran, tewas pada Jumat pagi usai mendapat serangan dari sebuah kelompok yang tidak dikenal di kota Absard, yang berada tak jauh dari Teheran. Ia sempat dibawa ke rumah sakit, namun ia tewas karena luka yang ia derita terlalu parah.

"Kami akan mendatangi para pembunuh dari Fakhrizadeh, yang mati syahid, seperti halilintar dan membuat mereka menyesali apa yang telah mereka lakukan," kata Dehghan dikutip kantor berita Iran Mehr.


Kasus Covid-19 di Korsel Meningkat, Otoritas Khawatir Kekurangan Ruang Perawatan

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif meyakini jika pihak intelijen Israel berada di balik pembunuhan tersebut.

Dilansir dari Sputnik News, sejumlah media Iran mengabarkan bahwa sekelompok orang tak dikenal pada Jumat (27/11) menembaki mobil yang dikendarai oleh Fakhrizadeh beserta sejumlah bodyguardnya, dan diikuti oleh sebuah ledakan.

Banyak yang meyakini bahwa aksi pembunuhan tersebut dilakukan oleh pasukan khusus Israel, Mossad. Meski Israel sejauh ini masih belum mengeluarkan pernyataannya terkait insiden ini, namun sejumlah tokoh politik mereka sebelumnya telah berjanji untuk mencari cara agar Iran menghentikan program nuklirnya.

 

Perusahaan Farmasi India Bakal Produksi 100 Juta Dosis Sputnik V per Tahun

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia