logo


Korsel Sebut Korut Coba Curi Data Perusahaan Farmasi Pengembang Vaksin Covid-19

Agen Intelijen Korsel mengatakan bahwa mereka berhasil mengungkap upaya peretasan yang dilakukan oleh Korut terhadap sejumlah perusahaan farmasi pengembang vaksin Covid-19

27 November 2020 19:00 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

SEOUL, JITUNEWS.COM - Agen intelijen Korea Selatan menyatakan bahwa mereka berhasil mengungkap upaya peretasan yang dilakukan oleh pihak Korea Utara terhadap sejumlah perusahaan Korsel yang tengah mengembangkan vaksin virus Corona.

Dilansir dari Globalnews.ca, Ha Tae-keung, seorang anggota Komisi intelijen Parlemen Korsel mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat menjelaskan secara rinci berapa banyak atau perusahaan farmasi mana yang menjadi target serangan siber. Meski demikian, ia menegaskan bahwa upaya peretasan tersebut berhasil digagalkan dan tidak menimbulkan kerusakan. Hal tersebut ia sampaikan usai mendapat penjelasan dari Lembaga Intelijen Nasional Korsel (NIS).

Terungkapnya upaya serangan siber tersebut terjadi usai pada awal bulan ini Microsoft mengatakan bahwa sejumlah peretas yang bekerja untuk pemerintah Rusia dan Korea Utara telah mencoba untuk menyusup ke dalam jaringan sejumlah perusahaan farmasi dan pengembang vaksin di sejumlah negara, diantaranya Perancis, Kanada, India, AS dan Korea Selatan.


Turki Tolak Sanksi dari Parlemen Uni Eropa

Ha juga mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong un telah mengambil langkah yang tidak masuk akal karena adanya ketakutan yang berlebihan terhadap wabah Covid-19, seperti menutup produksi industri garam dan penangkapan ikan laut. Ia menjelaskan bahwa hal itu dilakukan karena mereka khawatir jika air laut kemungkinan telah terkontaminasi dengan virus. Kim juga memblokir pengiriman impor 110 ribu ton beras dari China.

"Ia telah menunjukkan gejala emosional yang berlebihan, kemarahan dan tanda-tanda stres, dan memberikan instruksi-instruksi yang tidak beralasan," tukas Ha.

Aksi Kerusuhan Iringi Pemakaman Diego Maradona

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia