logo


Naas, Harga Gabah Kering Petani OKU Timur di Bawah HPP

Gabah kering petani OKU Timur hanya dibeli dengan harga Rp 3.300/kg-Rp 3.500/kg

21 April 2015 10:56 WIB


SUMATERA SELATAN, JITUNEWS.COM- Para petani di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, provinsi Sumatera Selatan mengaku harga jual gabah kering berada di bawah HPP (Harga Pokok Penjualan)yang sudah ditetapkan pemerintah.

Harga gabah kering di desa Talang Giring, OKU Timur, berada dikisaran harga Rp3.300/kg-Rp3.500/kg. Padahal HPP gabah kering  yang ditetapkan pemerintah adalah Rp 3.700/kg.  

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, jika harga gabah kering di tingkat petani rendah, otomatis petani akan kehilangan semangat untuk menanam padi.  Karena itu,  Mentan mengharapkan agar masalah tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah, sehingga solusi terhadap masalah tersebut bisa ditemukan.


Mendag: Tidak Ada Alasan Harga Pangan Naik!

Menurut Mentan, harga gabah yang rendah tersebut disebabkan oleh pasokan yang melimpah pada saat panen raya, sehingga serapan dari Bulog yang sedikit.  Kemudian, Bupati OKU Timur Herman Deru mengatakan, dari 500 ribu ton gabah kering yang dihasilkan oleh para petani OKU Timur, Bulog hanya menyerap sekira 35 ribu ton saja. (ant)

 

Tiga Pilar Utama Pemerintah Sukseskan Upaya Perang Melawan IUU Fishing

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro