logo


Trump Bersedia Tinggalkan Gedung Putih Jika Joe Biden Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilpres AS

Donald Trump mengatakan bahwa dirinya bersedia meninggalkan Gedung Putih jika KPU AS menetapkan Joe Biden sebagai pemenang Pilpres AS

27 November 2020 14:30 WIB

Donald Trump
Donald Trump istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (26/11) untuk pertama kalinya mengatakan bahwa dirinya bersedia meninggalkan Gedung Putih jika Joe Biden secara resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilpres AS 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum AS.

Hal itu ia sampaikan saat menjawab pertanyaan dari seorang wartawan.

"Tentu saja, Saya bersedia, anda tahu itu," jawab Trump dikutip CNN pada Jumat (27/11).


Korsel dan China Sepakat Lanjutkan Pembahasan soal Program Denuklirisasi Korut

"Ini akan menjadi hal yang sangat sulit untuk diakui karena kami mengetahui ada kecurangan yang masif," tambahnya.

Meski demikian, Trump tetap meyakini jika Joe Biden dinyatakan sebagai pemenang Pilpres, maka KPU AS telah membuat sebuah kesalahan.

Saat para wartawan mendesak pernyataan Trump tersebut, ia mengatakan:

"Jangan berbicara seperti itu terhadap saya. Saya masih menjadi Presiden Amerika Serikat. Jangan pernah berbicara kepada seorang presiden seperti itu," bentaknya.

Konferensi pers yang digelar pada Kamis (26/11) adalah pertama kalinya Trump menjawab pertanyaan dari wartawan sejak pilpres digelar pada 3 November lalu.

Dengan sejumlah media AS yang memprediksi Joe Biden akan menjadi Presiden AS terpilih, Trump lantas menolak untuk mengakui hasil penghitungan suara. Ia bahkan melontarkan sejumlah klaim yang tidak berdasar mengenai adanya kecurangan pada Pilpres AS.

Trump bahkan sempat mengklaim dirinya sebagai pemenang Pilpres meski penghitungan suara di sejumlah negara bagian AS masih belum selesai.

Sudah Pernah Kena Covid-19, Presiden Brazil Tak Mau Ikut Program Vaksinasi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia