logo


Korsel dan China Sepakat Lanjutkan Pembahasan soal Program Denuklirisasi Korut

menteri Luar Negeri China Wang Yi berkunjung ke seoul pada pekan ini

27 November 2020 13:40 WIB

Menlu China Wang Yi bertemu Presiden Korsel Moon Jae In (kanan)
Menlu China Wang Yi bertemu Presiden Korsel Moon Jae In (kanan) Al Jazeera

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah Korea Selatan dan China telah sepakat untuk bekerjasama dalam pembahasan mengenai program nuklir Korea Utara yang sebelumnya tertunda. Presiden China Xi Jinping juga dikabarkan segera berkunjung ke Seoul untuk memulai pembahasan hal itu dengan Presiden Moon Jae in.

"Pemerintah kami tidak akan menghentikan upaya penyelesaian secara formal perang di semenanjung Korea dan mencapai denuklirisasi secara penuh serta perdamaian bersama dengan komunitas internasional, termasuk China," kata Presiden Moon Jae in kepada menteri Luar Negeri China, Wang Yi, yang berkunjung ke Seoul pada pekan ini, dikutip Reuters.

Sementara itu, Wang Yi mengatakan bahwa penyelesaian konflik Korea Utara-Korea Selatan harus diupayakan melalui dialog.


Erdogan Kunjungi Siprus Utara, Uni Eropa Didesak Jatuhkan Sanksi terhadap Turki

Wang Yi tiba di ibukota Korea Selatan, Seoul, pada Rabu malam waktu setempat, setelah melakukan kunjungan dua hari di Jepang. Korea Selatan dan Jepang adalah negara aliansi Amerika Serikat.

"Kedua pihak (China dan Korea Selatan) setuju untuk menjalin komunikasi secara aktif sehingga situasi Covid-19 menjadi stabil dan mengondisikan kunjungan Presiden Xi," kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan tertulisnya.

Diklaim Manjur, AstraZeneca Segera Uji Coba Vaksin dengan Dosis Lebih Rendah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia