logo


Susi Dinilai Sulit Jadi Menteri KKP Lagi, Pengamat: Ia Pernah Ribut dengan Luhut, Orang Dekatnya Jokowi

Susi Pudjiastuti dinilai sulit menggantikan posisi Edhy Prabowo meski banyak didukung publik

27 November 2020 09:52 WIB

kumparan.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menyakini bahwa sosok yang akan menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yakni orang dari Partai Gerindra. Ia mengatakan sulit bagi kalangan profesional mengisi kursi KKP, meskipun itu Menteri KKP sebelumnya Susi Pudjiastuti.

"Berat (Susi kembali jadi menteri), walau dapat banyak dukungan dari publik. Tapi keputusan ada di Jokowi. Dan Jokowi dalam memutuskan pengganti Edhy Prabowo tentu akan berdiskusi dengan Prabowo sebagai mitra koalisinya," kata Ujang seperti dilansir detikcom, Jumat (27/11/2020).

Menurutnya, apabila Jokowi hendak memilih Susi Pudjiastuti harusnya sudah dimulai dari periode pertama yang kemudian dilanjutkan diperiode kedua.


Tanggapi Kasus Edhy Prabowo, PPP: Bisa Jadi Pintu Masuk Resuffle

"Jika Jokowi senang ke Bu Susi, dia akan perpanjang jabatan menteri Bu Susi di periode pertama ke periode kedua Jokowi. Seperti Sri Mulyani," ujarnya.

Ia menyebut Susi juga sulit kembali menjadi Menteri KKP karena pernah berseteru dengan orang dekat Jokowi yakni Menteri Koordinator Investasi dan Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. "Lalu, Bu Susi juga pernah ribut dengan Luhut. Kita tahu Luhut itu orang dekatnya Jokowi," lanjutnya.

Yakini Pengganti Edhy Prabowo dari Gerindra, Pengamat: Kalau Bukan, Prabowo dan Jokowi akan Perang Dingin

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati