logo


India Blokir Aplikasi Mobile China, Begini Reaksi Beijing

Kedubes China untuk India menegaskan bahwa China adalah peluang bagi India, bukan ancaman

26 November 2020 17:00 WIB

Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden China Xi Jinping (kanan)
Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden China Xi Jinping (kanan) istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - China menuding India telah melakukan tindakan diskriminasi yang melanggar aturan Badan Perdagangan Dunia (WTO), usai pemerintah India memblokir 43 aplikasi mobile buatan China.

Kementeria Informasi dan Teknologi India pada Selasa (24/11) mengeluarkan perintah untuk memblokir sejumlah aplikasi buatan China. Mereka menyebut bahwa aplikasi-aplikasi tersebut berpotensi mengancam keamanan nasional India.

"Langkah ini diambil karena....aplikasi-aplikasi ini terlibat dalam kegiatan yang mengancam kedaulatan, integritas India, pertahanan, keamanan dan tatanan masyarakat India," kata Kemkominfo India dalam pernyataan tertulisnya dikutip CNBC, Kamis (26/11).


Irak Peringatkan Aktifitas ISIS Meningkat Belakangan Ini

Mereka menambahkan bahwa keputusan tersebut diambil berdasar laporan komprehensif yang mereka terima dari Pusat Koordinasi Kejahatan Siber India yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri.

Aplikasi-aplikasi yang diblokir oleh India tersebut diantaranya adalah aplikasi Snack Video, aplikasi e-commerce AliExpress, dan beberapa aplikasi lainnya.

"Kami dengan tegas menentang penggunaan 'keamanan nasional' oleh pihak India sebagai alasan untuk melarang sejumlah aplikasi mobile buatan China," kata Ji Rong, juru bicara Kedubes China untuk India dalam pernyataan tertulisnya.

"Kami berharap India menyediakan lingkungan bisnis yang adil dan tidak diskriminatif bagi seluruh pelaku pasar dari berbagai negara, termasuk China, dan tindakan diskriminasi tersebut melanggar aturan WTO," tambahnya.

"China dan India adalah peluang pengembangan bagi kedua pihak dan bukan merupakan ancaman," tandasnya.

Iran Minta Pasukan AS Segera Hengkang dari Suriah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia